Akses Gua Wareh Pati Buruk

uplod jam 1430 akses gua wareh (e)

Gua Wareh yang dipenuhi tanaman rimbun, sejumlah pengunjung tampak berada di depan mulut gua. (MuriaNewsCom/Lismanto)

 

MuriaNewsCom, Pati – Pesona keindahan yang ditawarkan Gua Wareh di Desa Kedumulyo, Kecamatan Sukolilo, Pati, ternyata tak diimbangi dengan fasilitas dan infrastruktur yang ada. Salah satunya, akses jalan menuju gua yang buruk.

Tak hanya itu, sejumlah fasilitas di sekitar Gua Wareh masih ala kadarnya. Padahal, lokasi itu berpotensi jadi destinasi wisata yang prospektif. Setiap akhir pekan, tempat itu selalu dibanjiri pengunjung, termasuk murid-murid sekolah yang datang menggunakan kereta mini.

“Gua ini cukup prospektif. Perpaduan gua, alam perbukitan di pegunungan Kendeng, dan hijaunya pepohonan bisa menjadi jujugan pengunjung. Sayangnya, fasilitas wisata masih sangat minim. Belum lagi, akses jalan menuju gua masih jauh dari kata mulus,” ujar Kushariyadi, pengunjung asal Pati Kota saat berbincang dengan MuriaNewsCom, Sabtu (16/4/2016).

Karena itu, ia berharap agar pemerintah daerah, terutama Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) bisa menggarap dengan serius Gua Wareh sebagai destinasi wisata di Pati selatan. Pemkab juga diminta untuk memprioritaskan akses jalan menuju Gua Wareh.

“Kalau Gua Wareh dikelola dengan serius, saya yakin pengunjung akan bertambah banyak yang pada akhirnya bisa meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD). Selama ini, wisata di Pati yang sebetulnya menyimpan potensi bagus belum tergarap dengan serius,” ucapnya.

Editor : Akrom Hazami

Baca : Gua Wareh, “Berlian” Gunung Kendeng yang Belum Terekspos