Hebat! Bupati Pati Haryanto Raih Award Tingkat Nasional Bareng Risma dan Ridwan Kamil

upload jm 16 iklan bupati haryanto (e)

Bupati Pati Haryanto menerima penghargaan tingkat nasional di bidang UMKM dan koperasi dari SINDO Weekly Government Award 2016. (MuriaNewsCom/Lismanto)

 

MuriaNewsCom, Pati – Bupati Pati Haryanto kembali meraih penghargaan tingkat nasional di bidang Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan koperasi dari SINDO Weekly Government Award 2016. Penghargaan itu diserahkan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Sofyan Djalil di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta Pusat, Selasa (12/4/2016) malam.

Sejumlah kepala daerah lainnya yang mendapatkan penghargaan karena dianggap inspiratif, antara lain Wali Kota Bandung Ridwan Kamil, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, dan Bupati Kulonprogo Hasto Wardoyo.

Ridwan Kamil dianggap bisa menghidupkan fungsi taman, reformasi birokrasi dengan metode pengembangan layanan teknologi berbasis digital dan Risma dinilai mampu menjadikan Surabaya sebagai kota percontohan pelayanan publik, dan membangun tata pemerintahan kota yang bersih dari korupsi.

Sementara itu, Hasto Wardoyo dipandang tengah mengembangkan industri batik dengan besar. Bahkan, Bulog menggunakan “beras miskin” juga berasal dari Kulonprogo.

Haryanto mengatakan, penghargaan yang diraihnya menjadi memotivasi untuk terus memberikan layanan terbaik kepada warga Pati. “Saya ucapkan terima kasih kepada SINDO Weekly yang sudah memberikan penghargaan. Semoga bisa jadi motivasi dan inspirasi bagi Pemkab Pati untuk terus memberikan yang terbaik,” ujar Haryanto saat berbincang dengan MuriaNewsCom, Jumat (15/4/2016).

Selama ini, Haryanto memang dikenal sebagai tokoh yang komitmen di bidang koperasi dan UMKM. Empat bulan yang lalu, ia juga mendapatkan penghargaan serupa dari Kementerian Koperasi dan UKM RI di Istana Negara, Jakarta.

Yang mencengangkan, hanya tujuh bupati dan dua gubernur di seluruh Indonesia mendapatkan penghargaan prestisius itu. Haryanto dianggap sukses mengembangkan kehidupan masyarakat Pati melalui koperasi.

Direktur MNC Group Syafril Nasution mengatakan, penghargaan Government Award 2016 diberikan kepada pemerintah daerah berprestasi di tingkat kota, kabupaten, dan provinsi yang diadakan Majalah SINDO Weekly.

Dalam penilaiannya, SINDO Weekly menggandeng tim redaksi yang diketuai Sekretaris Jenderal Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Prof Dr Sudarsono Hardjosoekarto. Penilaian diawali dengan riset dari berbagai referensi, kemudian tiga nominator pemenang ditentukan untuk masing-masing kategori.

Selanjutnya, penilai melakukan observasi dari tatap muka dengan akademisi, masyarakat, hingga kepala daerah. Hasil observasi didiskusikan bersama tim juri untuk menentukan pemenang pada masing-masing kategori.

Ketua DPD RI Irman Gusman yakin bila bupati dan wali kota yang terpilih ini benar-benar punya kualitas yang tidak diragukan. Pasalnya, penilaian tersebut melibatkan masyarakat.

Editor : Akrom Hazami