Tanamkan Budi Pekerti Sejak Dini Bisa Dimulai dari Hal Sepele Seperti Ini

upload jam 10 smp undaan (e)

Siswa SMPN 1 Undaan Kudus terlihat sedang bersalaman ketika akan masuk kelas (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)

 

MuriaNewsCom, Kudus – Sebagai salah satu lembaga pendidikan yang memiliki tanggung jawab untuk mendidik siswa tidak hanya secara akademik saja, namun juga tentang pendidikan moral, SMPN 1 Undaan, Kudus berupaya semaksimal mungkin menanamkan budi pekerti kepada siswa sejak dini.

Kepala SMP N 1 Undaan Mukhif Noor mengatakan, untuk memberikan pendidikan moral terhadap siswa bisa dimulai dari hal-hal ringan, seperti halnya bersalaman kepada guru ketika akan masuk kelas atau keluar. Tidak hanya terhadap guru, antarsiswa juga demikian.

Katanya, hal inilah yang dilakukan di SMPN 1 Undaan Kudus. Pihaknya, secara perlahan menanamkan sikap budi pekerti kepada siswa melalui cara-cara yang mudah, namun hal itu bisa berdampak luar biasa bagi siswa.

“Semakin lamapendidikan budi pekerti itu makin luntur.Oleh karenanya siswa-siswiini juga harus bisa dididik lebih mendalam lagi terhadap budi pekerti.Baik mulai budi pekerti antarsesama siswa hingga kepadaguru dan orang tua,” katanya.

Ia katakan, rutinitas bersalaman sebelum masuk kelas, menurutnya juga bisa menjalin keakraban dan komunikasi antarsiswa.

“Namun, untuk acara salam-salaman ketika akan masuk kelas ini, tentunya kami bagi. Yakni, peserta didik perempuan dengan perempuan, begitupun dengan yang laki-laki, sengaja kami pisahkan,” ungkapnya.

Dirinya berharap, cara-cara seperti ini bisa membangun pendidikan moral siswa, sehingga nantinya tidak hanya diterapkan siswa di sekolah saja, namun juga ketika di dalam keluarga atau lingkungan sekitar.

Editor : Kholistiono