Satpol PP Bilang Tak Tolerir Banner Langgar Aturan

razia banner satpol-tyg pkl 20.00 wib

Aparat Satpol PP sedang menertibkan banner yang dinilai melenceng dari tempat pemasangannya, di sejumlah jalan protokol di Kudus. (MuriaNewsCom/EDY SUTRIYONO)

 

MuriaNewsCom, Kudus – Upaya penegakan peraturan daerah (perda) yang mengatur soal pemasangan banner atau spanduk, terus dilakukan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kudus.

Kepala Satpol PP Kudus Abdul Halil menjelaskan, razia banner baik yang diberi stempel izin atau tidak, akan terus selalu dilakukan.

”Sebab razia yang kami sasar adalah pada banner yang memang dipasang tidak sesuai ketentuan. Baik itu dipaku, diikat dengan pohon, maupun sejenisnya,” ujarnya kepada MuriaNewsCom, Rabu (13/4/2016).

Dari hasil penertiban tersebut, Satpol PP Kudus menertibkan berbagai jenis banner. Mulai banner promosi produk makanan dan minuman, promosi properti, dan banner-banner yang lain.

”Yang penting itu bukan masalah stempel berizin atau tidak. Namun pemasangannya. Sebab bila pemasangannya salah, maka akan mengakibatkan kesemrawutan jalan. Seperti halnya menceng, terlalu di tepi jalan, atau terlalu berhimpitan dengan banner yang lainnya,” paparnya.

Dia melanjutkan, untuk saat ini, pihak Satpol PP sudah menertibkan ratusan banner. Baik itu yang berizin atau yang tidak berizin.

Hal serupa dibenarkan Kasi Tibum Tranmas Sukrin. Dia mengatakan, yang penting pihak Satpol PP selalu menertibkan banner itu. ”Meskipun itu izin, tapi pemasangannya seenaknya saja, maka akan bisa dirazia atau disita,” imbuhnya.

Editor: Merie