Ratusan Guru SD di Pati Digembleng Melek Bahasa Indonesia

 

 

Ratusan guru SD di Pati diajari wawasan bahasa Indonesia dari Balai Bahasa Jawa Tengah. (MuriaNewsCom/Lismanto)

Ratusan guru SD di Pati diajari wawasan bahasa Indonesia dari Balai Bahasa Jawa Tengah. (MuriaNewsCom/Lismanto)

 

MuriaNewsCom, Pati – Sekitar 120 guru sekolah dasar (SD) dari berbagai institusi pendidikan di Pati digembleng wawasan Bahasa Indonesia di SMA Negeri 3 Pati, Selasa (12/4/2016).

Kegiatan yang digelar Balai Bahasa Jawa Tengah tersebut diharapkan bisa meningkatkan kualitas guru SD di bidang Bahasa Indonesia. Di Jawa Tengah, ada 15 kabupaten yang mendapatkan pelatihan bahasa, termasuk Pati.

Koordinator Bidang Pembinaan Bahasa Balai Bahasa Jawa Tengah Agus Sudono mengatakan, guru SD merupakan fondasi pembelajaran di tingkat dasar. Bila penyampaian materi kepada anak didik keliru akan berakibat fatal.

“Penyegaran wawasan dan ilmu Bahasa Indonesia sangat penting, terutama bagi guru SD. Mereka yang melakukan transfer ilmu kepada murid tingkat dasar. Kita tahu, murid tingkat dasar adalah masa pembentukan karakter,” ujar Agus kepada MuriaNewsCom.

Ia menambahkan, kompetensi guru di bidang Bahasa Indonesia perlu ditingkatkan di tengah pusaran arus globalisasi dan teknologi informasi yang begitu pesat. Dengan demikian, guru bisa semakin bijak dalam mengajarkan kepada murid SD supaya bisa menempatkan Bahasa Indonesia, bahasa lokal, dan bahasa internasional sesuai dengan kondisi.

“Mereka diajarkan materi teoretis, kemudian dilatih secara praktik. Pelatihan kompetensi yang berlangsung selama empat hari ini diharapkan bisa meningkatkan wawasan guru tentang Bahasa Indonesia,” pungkasnya.

Editor : Akrom Hazami

Satu gagasan untuk “Ratusan Guru SD di Pati Digembleng Melek Bahasa Indonesia

  1. Ping-balik: Warga Pati Diminta Jangan Tinggalkan Bahasa Indonesia dan Lokal | Muria News

Komentar ditutup.