Memprihatinkan, 7 Ribu KK Belum Teraliri Listrik

listrik_01

 

MuriaNewsCom, Kudus – Sebanyak 7 ribu kepala keluarga (KK) berkategori miskin di Kabupaten Kudus, hingga kini masih belum bisa menikmati aliran listrik dari PLN.

Kondisi tersebut tentu cukup ironis, mengingat Kudus merupakan kabupaten dengan wilayah terkecil di Jawa Tengah, yang semua wilayahnya sudah terjangkau jaringan listrik PLN.

”Dari data kami memang masih ada sekitar 7 ribu kepala keluarga yang belum teraliri listrik. Mereka masih menyalur dari tetangganya yang ada jaringan listrik,” kata Kabid Energi Sumber Daya Mineral pada Dinas BMPESDM Kudus Suhartati.

Menurut Suharti, kepala keluarga yang belum bisa menikmati aliran listrik tersebut merupakan kepala keluarga kategori miskin. Dimungkinkan, mereka tidak mampu untuk membayar biaya sambungan baru listrik dari PLN.

Hal tersebut lantaran persebaran jaringan listrik PLN sejauh ini sudah mencakup seluruh yang ada di Kudus. Bahkan, persebaran jaringan listrik sudah seratus persen di semua dusun dan RT/RW.

”Untuk jaringan PLN, 100 persen sudah ada di seluruh desa, dusun, hingga RT/RW,” tambahnya.

Kondisi tersebut tentu cukup memprihatinkan. Pasalnya, saat ini listrik seakan menjadi kebutuhan uatama masyarakat. Beragam aktivitas kehidupan, sangat bergantung dengan aliran listrik.

Editor: Merie