FSH UNISNU Jepara Gelar Seminar Tentang Islam Nusantara

 

Seminar tentang Islam Nusantara yang digelar FSH UNISNU Jepara (MuriaNewsCom/Wahyu Khoiruz Zaman)

Seminar tentang Islam Nusantara yang digelar FSH UNISNU Jepara (MuriaNewsCom/Wahyu Khoiruz Zaman)

 

MuriaNewsCom, Jepara – Fakultas Syariah dan Hukum Universitas Islam Nahdlatul Ulama (UNISNU) Jepara mengadakan seminar dengan tajuk “Melacak Akar Ideologi dan Epistimologi Islam Nusantara Dalam Konteks ke-Indonesiaan”, Senin (4/4/2016).

Seminar nasional yang dilaksanakan di Lantai 4 Gedung Hijau UNISNU Jepara itu, dihadiri perwakilan siswa SMA/MA se-Jepara, santri, kepala sekolah dan civitas akadmis yang ada di lingkungan Kampus UNISNU Jepara.

Dalam kesempatan itu pula, Yudian Wahyudi, Guru Besar  Filasafat Hukum Islam UIN Sunan Kalijaga Yogyakartayang menjadi pembicara menyampaikan kebanggaan dengan umat Islam di Nusantara,meski dijajah selama ratusan tahun, namun Nusantara masih ada hingga sekarang ini.

“Umat Islam di Indonesia merupakan umat Islam yang dapat memuat sejarah yang tidak bisa dibuat oleh umat lainnya. Yaitu, meski Indonesia terjajah selama ratusan tahun namun umat Islam dapat mempertahankan aqidah Islam. Hal ini tentu merupakan prestasi yang luar biasa yang tidak dapat tertandingi oleh umat lainnya,” ujarnya.

Kemudian, Abdul Ghofur Maimun Zubair, Ketua STAI Al Anwar Sarang Rembang menyampaikan, penyebab kemunduran umat Islam disebabkan dua faktor. Yaitu,faktor internal yang meliputi stigma masyarakat dunia tentang dunia Arab.

“Suka atau tidak suka, masyarakat masih belajar dari orang Arab. Kedua,faktor eksternal Islam diindentikkan dengan kekerasan dan lebih diindentifikasikan Islam ya Arab,” ungkapnya.

Editor : Kholistiono