Wow, 500 Ton Ikan Ditangkap Nelayan Jepara

Ilustrasi

Ilustrasi (beritadaerah)

 

MuriaNewsCom, Jepara – Tangkapan ikan nelayan di Jepara capai 500 ton di sepanjang Maret 2016. Itu menunjukkan hasil positif nelayan, dalam beberapa waktu terakhir.

Setelah beberapa waktu lalu terjadi musim baratan dan sejumlah nelayan tak dapat melakukan aktivitas melautnya. Kini situasi berangsur normal, yaitu dengan banyaknya nelayan yang sudah mencari ikan. Apalagi musim baratan kemarin memang tak seganas musim baratan tahun lalu.

Hal itu seperti yang diungkapkan Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Jepara, Sudiyatno. Menurut dia, jumlah ikan hasil tangkapan nelayan Jepara sepanjang Maret mulai normal. Hal itu lantaran kondisi perairan yang tak lagi seganas saat musim baratan selama Januari hingga Februari.

“Hasil tangkapan selama Maret lebih dari dua kali lipat dibandingkan bulan-bulan sebelumnya,” ujar Sudiyatno, Kamis (31/3/2016).

Sudiyatno menerangkan, dari informasi yang didapatkan dari sejumlah nelayan, kondisi perairan memang sudah berangsur membaik. Cuaca buruk yang berimbas pada tingginya gelombang, masih terjadi pada pertengahan Maret. Menjelang akhir Maret, cuaca normal. Meski memang beberapa kali terjadi hujan.

“Hanya beberapa kali turun hujan di laut. Tapi tak berimbas pada tingginya gelombang,” tandas dia.

Pihaknya mencatat, hasil tangkapan sepanjang Maret mencapai 500 ton lebih. Sedangkan pada Januari hanya mencapai 281 ton lebih dan 158 ton lebih selama Februari.

Sudiyatno mengungkapkan jika hasil laut nelayan sebanyak itu tak hanya didapatkan dari hasil melaut nelayan Jepara sendiri. Tapi juga nelayan luar daerah yang menjual hasil tangkapannya di sejumlah Tempat Pelelangan Ikan (TPI) di Jepara. Khususnya TPI Ujungbatu. Untuk wilayah Jepara sendiri, jumlah tangkapan ratusan ton tersebut sudah mencukupi kebutuhan warga. Baik langsung dijual, maupun untuk diolah kembali.

Editor : Akrom Hazami

Satu gagasan untuk “Wow, 500 Ton Ikan Ditangkap Nelayan Jepara

  1. Ping-balik: Ini Nilai Rupiah Hasil Tangkapan Ikan Nelayan Di Jepara | Muria News

Komentar ditutup.