Tidak Hanya Orang Tua, Anak-Anak di Desa Banjarejo Juga Mulai Pandai Temukan Fosil

Anak-anak warga Desa Banjarejo menyerahkan hasil temuan fosilnya di rumah Kades Banjarejo yang berupa fosil hewan purba. (MuriaNewsCom/Dani Agus)

Anak-anak warga Desa Banjarejo menyerahkan hasil temuan fosilnya di rumah Kades Banjarejo yang berupa fosil hewan purba. (MuriaNewsCom/Dani Agus)

 

MuriaNewsCom, Grobogan – Benda purbakala berupa fosil hewan purba di Desa Banjarejo ternyata tidak hanya ditemukan orang tua atau mereka yang memang ahli di bidangnya. Tetapi, anak-anak di sana juga mulai bisa menemukan benda bersejarah yang tidak ternilai harganya itu.

”Dalam sepekan terakhir ada beberapa bocah yang datang sambil menyerahkan benda temuan. Setelah dicek, ternyata benda yang dibawa adalah potongan tubuh hewan purba. Fosil potongan tubuh beberapa hewan purba itu ditemukan bocah-bocah itu ketika bermain di pinggiran sawah,” kata Kades Banjarejo Ahmad Taufik.

Menurut Taufik, selama ini, anak-anak di desanya memang cukup akrab dengan benda purbalaka yang tersimpan di rumahnya. Kebetulan, persis di depan rumahnya ada SDN 2 Banjarejo. Dimana, ketika waktu istirahat atau pulang sekolah, anak-anak sering mampir melihat koleksi benda bersejarah di rumahnya.

”Selama ini, saya juga sering melibatkan anak-anak untuk membersihkan fosil yang baru ditemukan. Langkah ini sebagai salah satu upaya edukasi pada mereka agar peduli dengan benda bersejarah di desanya. Barangkali dari sini mereka akhirnya bisa membedakan benda yang termasuk fosil atau sekedar batuan biasa,” imbuh Taufik.

Taufik pun mengaku sangat bangga dengan langkah anak-anak yang mau menyerahkan benda purbakala yang ditemukan. Sebagai bentuk penghargaan, anak-anak yang menemukan benda purbakala itu dia berikan hadiah khusus.

”Hadiahnya tidak istimewa kok. Cuma saya belikan bakso kelilingan saja,” cetusnya sembari tertawa.

Selama ini, dia pun mengimbau kepada semua warganya agar bersedia menyerahkan benda bersejarah yang ditemukan untuk dikumpulkan jadi satu di ”Museum Purbakala Banjarejo”.

”Selain anak-anak, banyak orang tua yang menyerahkan benda temuan ke sini. Baik, benda purbakala berupa fosil maupun benda cagar budaya. Kesadaran warga untuk menyerahkan benda temuan sekarang ini makin meningkat dan ini sangat membanggakan,” pungkas Taufik.

Editor : Titis Ayu Winarni

Satu gagasan untuk “Tidak Hanya Orang Tua, Anak-Anak di Desa Banjarejo Juga Mulai Pandai Temukan Fosil

  1. Ping-balik: Wow, Ini Bentuk Asli Gading Purba Di Grobogan Usai Direkonstruksi | Muria News

Komentar ditutup.