Hadapi Penjahat, Polisi Patroli Pakai Sepeda di Blora

Sejumlah personil Sabhara Polres Blora saat patroli menggunakan sepeda (MuriaNewsCom/Rifqi Gozali)

Sejumlah personil Sabhara Polres Blora saat patroli menggunakan sepeda (MuriaNewsCom/Rifqi Gozali)

 

MuriaNewsCom, Blora – Satuan Sabhara Polres Blora mengarahkan unit Patroli sepeda di beberapa tempat keramaian. Tampak beberapa personel Sabhara, Sabtu (26/3/2016), patroli di pusat keramaian kota.

Patroli ini bertujuan untuk memberikan bantuan pelayanan kepada masyarakat dalam situasi darurat. Patroli ini juga menjamin kondusivitas dan juga mencegah kriminalitas.

Patroli bersepeda ini dinilai menjadi solusi yang efektif di area perbelanjaan, atau pasar yang padat pengunjung, dan berpotensi macet.

Kasat Sabhara AKP Djamrozi menilai penggunaan sepeda untuk patroli lebih efisien untuk menerobos kemacetan. Kemampuan gerak cepat ini pun dianggapnya cukup efektif untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat.

Dia mencontohkan, area-area padat yang rawan macet seperti Blok T atau kawasan Luwes Baru. Di lokasi itu sering terjadi gangguan yang membuat lokasi perbelanjaan Luwes tak nyaman. Mulai dari kendaraan yang parkir sembarangan hingga kemunculan pedagang kaki lima secara liar.

“Saat seperti itu kita kan kadang ingin mengingatkan tapi salah-salah malah ribut, nah di sini polisi bisa bergerak cepat untuk menertibkan indikasi pelanggaran,” ujarnya.

Saat ini,Polres Blora sudah memiliki lima unit sepeda patroli yang merupakan bantuan dari Polda Jateng. Setelah melihat efisiensi penggunaannya, dia mengatakan pihaknya sudah meminta tambahan armada sepeda patroli kepada kapolres.

Dia beralasan Blora sebagai kota wisata memiliki potensi lonjakan jumlah kendaraan pada masa liburan. Di saat seperti itu sepeda patroli bisa diterjunkan.

Editor : Akrom Hazami