Hati-hati! Pelaku Pembobolan Rumah Juga Gunakan Modus Sebagai Pegawai Bank

Pelaku pembobol rumah saat diamankan di Polres Kudus (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

Pelaku pembobol rumah saat diamankan di Polres Kudus (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

 

MuriaNewsCom, Kudus – Aksi pembobolan rumah di Kudus dilakukan dengan beragam modus. Selain dengan berpura-pura sebagai peminta sumbangan, maling pembobol rumah ini juga menyamar sebagai petugas bank.

Kapolres Kudus AKBP M Kurniawan mengatakan, pelaku pembobol rumah dengan modus menyamar sebagai petugas bank pernah terjadi di Kudus beberapa waktu lalu. Bahkan, pelaku melakukan aksinya di rumah padat penduduk.

“Aksi dengan modus berpura-pura sebagai petugas bank, memang pernah terjadi, dan aksinya temasuk nekat, karena berada di kawasan padat penduduk. Untuk itu, warga harus waspada ketika ada orang asing yang masuk ke wilayahnya,” ujarnya kepada MuriaNewsCom.

Biasanya, pelaku berpura-pura sebagai penagih hutang. Mereka juga menggunakan pakaian yang rapi, layaknya pegawai kantoran. Namun, ketika mendapatkan sasaran dan pelaku merasa aman untuk melakukan aksinya, maka biasanya mereka langsung bergerak.

KBO Reskrim Polres Kudus Ipda Heri Purwanto berharap, masyarakat bisa segera menginformasikan kepada petugas jika ada hal yang mencurigakan. Sebab informasi dari masyarakat juga sangat membantu petugas.

“Peran aktif masyarakat juga sangat kita harapkan, khususnya bagi yang meresahkan masyarakat. Karena,tugas kami adalah mengayomi masyarakat,” harganya.

Editor : Kholistiono