Petani yang Merasa Kehilangan Traktor Bisa Ngecek di Mapolres Grobogan

Pencuri traktor bersama barang bukti diamankan di Polres Grobogan (MuriaNewsCom/Dani Agus)

Pencuri traktor bersama barang bukti diamankan di Polres Grobogan (MuriaNewsCom/Dani Agus)

 

MuriaNewsCom, Grobogan – Terkait dengan terungkapnya pelaku pencurian traktor, Kasat Reskrim Polres Grobogan AKP Agung Ariyanto meminta para petani yang merasa sempat kehilangan barang miliknya agar mengecek ke mapolres. Sebab, bisa jadi, traktor yang hilang itu, di antaranya adalah barang bukti hasil kejahatan yang berhasil disita dari tangan pelaku.

“Bagi warga, khususnya petani yang merasa pernah kehilangan traktor bisa datang ke kantor. Siapa tahu, traktornya yang hilang ada di antara barang bukti hasil kejahatan yang berhasil kita amankan dari para pelaku,” ungkapnya.

Untuk mengurus traktor yang hilang, mereka diharuskan membawa laporan kehilangan dan bukti kepemilikan. Dalam mesin traktor itu juga, terdapat nomor serinya sehingga memudahkan untuk mengidentifikasi pemiliknya.

Ditambahkan, selain milik pribadi, traktor yang hilang selama ini juga ada yang kepunyaan kelompok tani. Sebagian traktor lagi ada yang berasal dari bantuan pemerintah buat kelompok tani.

“Biasanya, traktor yang dicuri ini ditinggal di areal sawah atau tidak dibawa pulang. Traktor ini sengaja ditinggal, karena esoknya masih dipakai lagi. Oleh sebab itu, kami mengimbau pada petani agar melakukan penjagaan ketika meninggalkan traktornya di sawah,” imbuh Agung.

Seperti diberitakan sebelumnya, aparat Polres Grobogan akhirnya berhasil mengungkap kasus pencurian traktor yang meresahkan para petani. Dalam pengungkapan itu, ada lima orang yang terindikasi menjadi pelaku pencurian traktor.

Pelaku tersebut masing-masing, Rendra Pertama, 29, warga Kecamatan Tawangharjo, M Agus Salim, 22, warga Kecamatan Guntur, Demak dan Maskun, 44, warga Kecamatan Mranggen, Demak. Ketiga pelaku ini sudah ditangkap lebih dahulu bulan Februari lalu dalam kasus pencurian gabah.

Dua pelaku lainnya ditangkap beberapa hari lalu, yakni Suryono, 65 dan Kosim, 50. Keduanya, warga Kecamatan Godong.

Selain mengamankan pelaku, petugas juga mengamankan sejumlah barang bukti. Antara lain satu set kunci pas dan sepeda motor yang dipakai melakukan aksi kejahatan. Kemudian, ada 14 unit mesin dan beberapa bodi traktor yang berhasil diamankan. Barang bukti ini merupakan hasil kejahatan di dua wilayah kecamatan. Yakni, Kecamatan Toroh dan Godong.

Editor : Kholistiono

 

Baca juga : Akhirnya 2 Pencuri Traktor di Grobogan Dipenjara Bareng 3 Temannya