Ini Lho Rahasianya Rembang Bisa Raih Anugerah Parahita Ekapraya

Pemerintah Kabupaten Sleman, Yogyakarta belajar tentang Pengarusutamaan Gender (PUG) ke Kabupaten Rembang, Rabu (23/3/2016) (MuriaNewsCom/Ahmad Wakid)

Pemerintah Kabupaten Sleman, Yogyakarta belajar tentang Pengarusutamaan Gender (PUG) ke Kabupaten Rembang, Rabu (23/3/2016) (MuriaNewsCom/Ahmad Wakid)

 

MuriaNewsCom, Rembang – Kabupaten Rembang tergolong sebagai kabupaten yang sukses dalam meraih penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE). Karena inilah, Pemerintah Kabupaten Sleman, Yogyakarta belajar tentang Pengarusutamaan Gender (PUG) ke Kabupaten Rembang, Rabu (23/3/2016).

Dalam tiga tahun berturut-turut, Rembang berhasil menyabet gelar bergengsi itu, yakni pada tahun 2012, 2013 dan 2014 dengan kategori utama. Sementara, kategori Pratama dan Madya, masing-masing diraih tahun 2007, 2009, 2010 dan 2011. Sehingga, secara total keseluruhan, Kabupaten Rembang telah meraih 7 kali penghargaan APE dengan berbagai kategori.

Sekretaris Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kabupaten Rembang Drupodo mengungkapkan, Rembang memiliki peraturan bupati sejak tahun 2011 dan bulan Maret ini bupati menerbitkan surat edaran untuk mendukung PUG di Rembang.

“Surat edaran tersebut berisi, semua SKPD harus ada satu program yang berkelanjutan dan dua kegiatan strategis yang mendukung pengarusutamaan gender di rencana kerja masing-masing SKPD,” ungkapnya.

Selain itu, lanjut Drupodo, di Rembang sering digelar rakor dan roadshow PPRG untuk mendorong kegiatan- kegiatan yang menyentuh pada pengarusutamaan gender. Kemudian, ada fasilitasi dana untuk kader PUG di desa.

“Kemudian juga mendorong kasubbag perencanaan di masing-masing SKPD untuk mulai belajar merencanakan program yang menyentuh kesetaraan gender,” imbuhnya.

Dijelaskan olehnya, APE merupakan bentuk penghargaan atas komitmen dan peran para pimpinan kementrian atau lembaga dan pemerintah daerah dalam upaya mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender melalui strategi pengarusutamaan gender.

“Rembang sendiri sudah meraih tujuh kali penghargaan APE. Kategori pratama tahun 2007 dan 2009 dan kategori madya tahun 2010 dan 2011, dan kategori utama tahun 2012, 2013 dan 2014,” pungkasnya.

Editor : Kholistiono