Rawan Banjir, Camat Jati Kudus Siaga

Salah satu ruas yang terendam banjir di Kecamatan Jati, Kudus, Senin (21/3/2016). (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

Salah satu ruas yang terendam banjir di Kecamatan Jati, Kudus, Senin (21/3/2016). (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

 

MuriaNewsCom, Kudus – Curah hujan yang masih tinggi, berakibat terjadi bencana banjir yang terjadi di sejumlah wilayah di Kudus. Salah satunya di Kecamatan Jati.

Camat Jati Harso Widodo mengatakan akibat intensitas hujan yang masih tinggi, dia meminta warganya waspada terhadap banjir. Meski saat ini banjir cenderung amat, tapi wilayah Jati kerap terendam.

“Barang berharga harus diamankan dulu, jika memang nantinya banjir sampai ke permukiman.  Harus mengungsi dulu bila banjirnya besar. Bila air banjir susut, barulah warga bisa kembali ke rumah mereka,” kata Harso, kepada MuriaNewsCom

Menurutnya, hingga kini sebagain wilayah dalam kondisi  aman. Sebab Sungai Lusi yang dekat dengan permukiman, masih menunjukkan kondisi yang tidak mengkhawatirkan. Hanya, air kiriman dari utara yang harus diwaspadai.

Bila sudah demikian, biasanya permukiman di Desa Jati Wetan menjadi korban. Dengan jumlah rumah yang terendam, biasanya mencapai ratusan.

”Kami minta warga lebih aktif lagi, sebab mereka yang tahu langsung kondisi di sini. Saya tidak bisa menunggu 24 jam. Jadi mereka yang lebih aktif dengan lapor ke desa, kecamatan, bahka dinas,” imbuhnya.

Dia berharap dinas terkait dapat segera membenahi drainase di wilayahnya.  Biar saat banjir terjadi, wilayahnya aman.  “Seperti hanya kemarin, baru hujan dua jam saja sudah penuh dengan air. Untungnya Sungai Lusi masih bisa menampung air,” tambahnya.

Editor : Akrom Hazami