Hujan Deras, Kudus Banjir

Warga menerjang banjir yang terjadi salah satu sudut di Kabupaten Kudus, Senin. (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

Warga menerjang banjir yang terjadi salah satu sudut di Kabupaten Kudus, Senin. (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

 

MuriaNewsCom, Kudus – Hujan deras yang mengguyur Kudus, Senin (21/3/2016) siang, membuat beberapa titik mengalami banjir. Karena hujan yang sangat deras, bahkan genangan mencapai lutut orang dewasa.

Seperti halnya banjir yang terdapat di Kecamatan Kota, genangan air hingga ketinggian lutut orang dewasa atau mencapai 40 cm. Akibat genangan yang muncul, banyak kendaraan yang melintas, jadi mogok. Tidak sedikit pengendara yang sampai menuntun sepeda motornya.

Dea, warga Desa Melati Norowito, Kecamatan Kota mengatakan, hujan deras tadi langsung membuat air meluap. Bahkan tingginnya air banjir, sampai memasuki beberapa rumah warga.

“Beberapa rumah di sini sampai kemasukan air. Sehingga beberapa ruas jalan dipastikan tidak dapat dilalui karena debit air yang sangat tinggi,” katanya kepada MuriaNewsCom.

Sementara, Kepala BPBD Kudus Bergas C Penanggungan mengungkapkan banjir yang terjadi hampir merata di daerah perkotaan. Bukan hanya Kecamatan Kota saja, namum Mejobo juga mengalami hal yang sama.

“Dari Laporan yang kami terima, beberapa ruas memang tergenang air. Seperti Jalan Pramuka yang memang jadi langganan. Namun Mejobo juga ada yang tergenang tepatnya di depan SMP 1 Kudus,” ujarnya.

Bergas menilai, banjir yang terjadi di Kudus ini disebabkan curah hujan yang sangat tinggi dengan durasi yang cukup lama. Sehingga saluran air atau got tidak mampu menampung banyaknya air.
Selain itu juga, dimungkinkan saluran pembuangan air banyak yang mampet. Sehingga membutuhkan normalisasi yang dapat membuat aliran airnya lancar kembali.

Berdasarkan pantauan, daerah yang banjir juga terjadi di Simpang Tujuh. Selain itu, jalur depan Polytron masuk Desa Balkan Krapyak, juga dipenuhi dengan aliran air.

Editor : Akrom Hazami