Petani Ajari Siswa Menanam Padi Organik di Pati

Ratusan anak-anak berlatih menanam padi menggunakan metode SRI Organik. (MuriaNewsCom/Lismanto)

Ratusan anak-anak berlatih menanam padi menggunakan metode SRI Organik. (MuriaNewsCom/Lismanto)

 

MuriaNewsCom, Pati – Ratusan anak-anak sekolah dasar dari SD dan MI Tarbiyatul Islamiyah Kedumulyo, serta SD 02 Slungkep, Pati diajari menanam padi organik, Jumat (18/3/2016).

Kegiatan yang diselenggarakan kelompok petani padi “Mustika” Desa Kedumulyo, Kecamatan Sukolilo tersebut mengambil tema “Bocah Nandur Pari”. Hal itu diharapkan untuk mengenalkan anak-anak dengan dunia pertanian langsung.

“Kami memang berusaha mengenalkan anak-anak dengan dunia pertanian organik, khususnya padi. Mereka tidak hanya dikenalkan cara menanam padi yang benar, tetapi juga dikenalkan cara menanam padi yang sehat dan bebas bahan kimia,” ujar Suroto, Koordinator Kelompok Tani Padi Mustika kepada MuriaNewsCom.

Sementara itu, Rivaldo Choky Pratama, salah satu siswa SD Slungkep 02 mengaku senang dengan kegiatan menanam bibit padi. Apalagi, selama ini dia belum pernah menanam padi.

“Senang. Selama ini belum pernah nanam padi sendiri. Kalau bermain di sawah sudah sering, tapi kalau nanam sendiri baru kali ini,” ungkapnya.

Dalam menanam padi, anak-anak tidak diajarkan menggunakan metode biasa. Mereka diajarkan dengan metode System of Rice Intensification (SRI) di mana satu bulir ditanam dalam satu titik kotak berjarak 25 cm.

Setelah panen, nantinya satu bulir tanaman padi bisa menghasilkan 220 hingga 350 bulir padi. “Kalau dewasa nanti, anak-anak diharapkan bisa menggunakan metode pertanian SRI Organik yang hemat air, hemat bibit, hemat tenaga, hemat pupuk dan pestisida yang dibuat sendiri dari bahan alam,” kata Kresno, guru SD Slungkep 02 Sukolilo.

Editor : Akrom Hazami

Satu gagasan untuk “Petani Ajari Siswa Menanam Padi Organik di Pati

  1. Ping-balik: Ratusan Pelajar Di Sukolilo Pati Jadi “Duta” Kedaulatan Pangan Organik | Muria News

Komentar ditutup.