Ada Peneliti BPSMP Sangiran Datang, ’Museum’ Banjarejo Kebanjiran Pengunjung

Puluhan siswa SDN Cungkup, Kecamatan Kunduran, Blora berkunjung ke Banjarejo untuk melihat koleksi benda purbakala. (MuriaNewsCom/Dani Agus)

Puluhan siswa SDN Cungkup, Kecamatan Kunduran, Blora berkunjung ke Banjarejo untuk melihat koleksi benda purbakala. (MuriaNewsCom/Dani Agus)

 

MuriaNewsCom, Grobogan – Kadatangan 20 ahli purbakala dari Balai Pelestarian Situs Manusia Purba (BPSMP) Sangiran ke Desa Banjarejo, Kecamatan Gabus sejak Selasa (15/3/2016) ternyata membawa dampak tersendiri. Yakni, makin banyaknya orang yang datang berkunjung ke Banjarejo untuk melihat koleksi benda purbakala dan cagar budaya.

”Kedatangan ahli purbakala yang melakukan penelitian di sini memang jadi daya tarik tersendiri. Sejak mereka datang, banyak pula orang yang berkunjung ke sini,” kata Kades Banjarejo Ahmad Taufik.

Disamping warga Grobogan, pengunjung juga datang dari kabupaten tetangga. Selain pribadi dan rombongan kecil, ada pula pengunjung yang datang dalam jumlah banyak. Miasalnya kunjungan dari puluhan siswa SDN Cungkup, Kecamatan Kunduran, Blora, Kamis (17/3/2016) siang.

”Pengunjung yang datang dalam rombongan besar biasanya anak-anak sekolah. Ada juga dari beberapa komunitas baik dari sini maupun luar kota yang berkunjung. Bahkan, ada juga orang dari Kalimantan yang menyempatkan diri mampir ke sini untuk melihat koleksi benda purbakala maupun cagar budaya,” imbuh Taufik.

Ditambahkan, sejak enam bulan terakhir, jumlah pengunjung diperkirakan sudah lebih dari 5.000 orang. Hal itu berdasarkan dari data yang tertera dalam buku tamu yang disediakan. Namun, data riil kemungkinan lebih dari angka itu karena tidak semua pengunjung sempat mengisi buku tamu tersebut.

Sementara itu, beberapa pengunjung mengaku sengaja datang ke sana karena tertarik adanya penelitian yang dilakukan ahli dari BPSMP Sangiran. Mereka merasa penasaran dan merasa ingin tahu apa saja kegiatan yang dilakukan para peneliti tersebut.

”Sebelumnya, saya sudah beberapa kali datang ke sini. Tetapi, kali ini terasa istimewa karena bisa bertanya banyak hal pada para ahli purbakala tentang fosil-fosil yang ada di sini,” kata Iyan, salah satu pengunjung di Banjarejo.

Editor : Titis Ayu Winarni

Satu gagasan untuk “Ada Peneliti BPSMP Sangiran Datang, ’Museum’ Banjarejo Kebanjiran Pengunjung

  1. Ping-balik: Ratusan Siswa SMPN 2 Ngaringan Geruduk Desa Banjarejo, Ada Apa? | Muria News

Komentar ditutup.