Waah, Pemdes Pladen Jekulo Kudus Fasilitasi Buang Sampah Gratis untuk Warganya

Tempat sampah yang disediakan Pemdes Pladen untuk warganya secara gratis. (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

Tempat sampah yang disediakan Pemdes Pladen untuk warganya secara gratis. (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

 

MuriaNewsCom, Kudus – Masyarakat Desa Pladen, kecamatan Jekulo, mendapat keistimewaan khusus dari pemerintah desanya. Berbeda dari desa lainnya yang harus membayar secara rutin pembuangan sampah, namun untuk Desa Pladen tidak demikian.

Plt Sekretaris Desa Pladen, Kecamatan Jekulo Sunardi mengatakan, tiap warga mendapatkan fasilitas yang sama untuk bebas membuang sampah. Bahkan, sebanyak apapun sampah yang dibuang akan digratiskan oleh pihak desa.

”Ini merupakan fasilitas desa, jadi tidak ada biaya khusus dalam membuang sampah di sini,” katanya kepada MuriaNewsCom.

Selain itu, pemdes Pladen juga membagikan tempat sampah kepada tiap rumah yang ada di desa tersebut. Tujuannya, tidak lain adalah guna meningkatkan kebersihan serta mencegah warga membuang sampah sembarangan. Tempat sampah tersebut dapat digunakan masyarakat desa dalam membuang sampahnya.

Meski digratiskan, namun bukan berarti pelayanan buruk. Sebab tiap pagi pasti ada petugas sampah dari desa yang mengambil sampah dari satu rumah ke rumah lainnya untuk membuangnya.

”Petugas digaji dari desa, jadi setelah sampai diambil, petugas sampah dari desa langsung membuangnya di TPA Tanjungrejo,” imbuhnya.

Mengenai kendaraan yang digunakan, pemdes Pladen mendapatkan bantuan alat transportasi dari Pemkab Kudus. Yakni sebuah kendaraan sampah roda tiga.

Editor : Titis Ayu Winarni