Didorong Banyak PK, Satpol PP Pati Gagal Eksekusi Tempat Karaoke The Boss dan Permata

Salah satu wanita pemandu pingsan di tengah upaya eksekusi karaoke di depan The Boss. (MuriaNewsCom/Lismanto)

Salah satu wanita pemandu pingsan di tengah upaya eksekusi karaoke di depan The Boss. (MuriaNewsCom/Lismanto)

 

MuriaNewsCom, Pati – Puluhan pemandu karaoke (PK) yang beroperasi di Permata dan The Boss menghadang saat petugas Satpol PP mencoba untuk melakukan penyegelan dua tempat karaoke tersebut, Sabtu (5/3/2016).

Proses eksekusi pun berlangsung alot. Bahkan, petugas terlibat aksi saling dorong dengan puluhan PK yang didampingi pengusaha karaoke lengkap dengan para karyawannya. Eksekusi pertama dilakukan di Permata. Di sana, petugas tidak bisa menembus benteng pertahanan yang dibentuk barisan para pemandu karaoke. Eksekusi pun gagal dilakukan.

Para petugas Satpol PP akhirnya mundur dan bertolak ke The Boss. Di sana, puluhan PK juga sudah membentuk barisan di depan pintu masuk dan siap melakukan perlawanan. Seperti di Permata, petugas beberapa kali terlibat aksi saling dorong hingga menyebabkan tiga pemandu karaoke jatuh pingsan. Dua pemandu dilarikan ke rumah sakit, sedangkan satu pemandu dimasukkan rumah warga.

Ketua Paguyuban Karaoke Pati Heri Susanto mengatakan, proses hukum uji materi Perda Nomor 8 Tahun 2013 tentang Penyelenggaraan Kepariwisataan masih berjalan di Mahkamah Agung. Karena itu, pihaknya meminta kepada pemerintah agar bisa duduk bersama untuk melakukan kajian. “Perda itu berlaku untuk tempat karaoke yang ada sesudah 2013. Jadi tidak berlaku untuk tempat karaoke yang ada sebelum 2013,” katanya.

Sementara itu, Kasatpol PP Pati Hadi Santosa mengatakan, pihaknya menjalankan tugas dan amanah untuk menegakkan Perda yang menjadi produk hukum warga Pati. “Ini sudah menjadi bagian dari tugas kami sebagai petugas penegak Persa yang menjadi produk hukum,” tuturnya.

Pasukan Satpol PP yang dikawal Polri dan TNI akhirnya mundur dan gagal menyegel dua tempat karaoke tersebut, mengingat suasana semakin tidak kondusif. Para wanita pemandu pun bersorak ria.

Editor : Akrom Hazami

Baca juga :
2 Pemandu Karaoke Pingsan saat Tempat Karaoke The Boss Pati Mau DisegelĀ