Ambrolnya Jembatan Somosari Jepara Disebut-sebut Akibat Galian C

Jembatan Somosari Jepara yang disebut-sebut akibat galian C (MuriaNewsCom/Wahyu Khoiruz Zaman)

Jembatan Somosari Jepara yang disebut-sebut akibat galian C (MuriaNewsCom/Wahyu Khoiruz Zaman)

 

MuriaNewsCom, Jepara – Penyebab ambrolnya jembatan di Desa Somosari, Kecamatan Batealit, Jepara yang menghubungkan ke sejumlah dukuh masih menjadi misteri. Jika dilihat secara kasat mata, penyangga jembatan sisi timur ambrol. Diduga kuat, tanah yang menjadi lokasi penyangga jembatan tak kuat dengan derasnya arus sungai. Tak cukup disitu, desas-desus yang beredar di masyarakat sekitar, menduga arus sungai yang deras tersebut ada kaitannya dengan aktivitas galian C yang berada di dekat jembatan yang mengalihkan aliran air sungai.

Dari pantauan MuriaNewsCom, posisi jembatan yang ambrol adalah separuh dari jembatan yang berukuran sekitar 20 meter. Separuh jembatan itu ambrol total, sedangkan sisi barat hanya retak saja. Ketika dilihat, air sungai hanya melewati aliran atau jalan air di satu sisi saja, yakni sisi timur.

Berdasarkan keterangan Kholik, Carik Desa Somosari, dulunya air melewati di kedua sisi, baik timur maupun barat.“Ada pergeseran jalur aliran air sungai. Mungkin karena pergeseran itu, yang semestinya lewat dua jalur menjadi kumpul di satu jalur, arus sungai semakin deras di sisi timur dan tanah tergerus hingga akhirnya jebol,” ungkap Kholik kepada MuriaNewsCom, Rabu (2/3/2016).

Menurutnya, dulunya pinggir-pinggir sungai sisi timur merupakan lahan persawahan. Namun, saat ini sebagian sudah tergerus hingga menjadi bagian dari sungai. Melihat kondisi ini, diakuinya sangat memprihatinkan.

Sementara itu, Kasi Pemeliharaan Bina Marga pada Dinas Bina Marga Pengairan dan ESDM Jepara Hanif Kurniawan mengatakan, perubahan aliran air sungai tersebut memang berisiko tanah tergerus, sehingga mengakibatkan jembatan roboh.

“Jika nanti dibangun baru, konstruksi bangunan jembatan harus berubah. Sebab, aliran sungai sudah berubah. Pondasi tengah jembatan yang semestinya mampu memecah derasnya arus tidak berfungsi lagi,” ungkapnya.

Editor : Kholistiono

 

Baca juga : Jembatan Roboh, Warga Harus Mencari Jalan Lain Sejauh 10 Km di Somosari Jepara

Satu gagasan untuk “Ambrolnya Jembatan Somosari Jepara Disebut-sebut Akibat Galian C

  1. Ping-balik: Ini Langkah yang Dilakukan Pemkab Jepara Terkait Penanganan Jembatan Somosari yang Ambrol | Muria News

Komentar ditutup.