Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Pati  >  Artikel ini

Pengamat Hukum: Mobil Dinas yang Dipakai Mantenan Melanggar Aturan



Reporter:    /  @ 21:00:05  /  29 Februari 2016

    Print       Email
Ilustrasi

Ilustrasi

 

MuriaNewsCom, Pati – Pengamat hukum dari Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Advokasi Nasional Maskuri menilai, mobil dinas yang digunakan untuk mantenan atau acara pribadi lainnya menyalahi aturan.

“Kalau ada pejabat yang memperbolehkan penggunaan kendaraan dinas di luar kepentingan dinas, berarti menyalahi wewenang dan penetapan terkait penggunaan barang milik daerah (BMD),” ujar Maskuri saat kepada MuriaNewsCom, Senin (29/2/2016).

Ia menambahkan, kendaraan dinas hanya boleh digunakan untuk keperluan dinas atau tugas dan fungsi pemerintahan. “Hal itu sudah diatur dalam Keppres Nomor 5 Tahun 1983 tentang Penghapusan Penyediaan Kendaraan Perorangan Dinas,” katanya.

Dalam Keppres tersebut, kendaraan dinas hanya diperbolehkan untuk operasional kedinasan. Tak hanya itu, Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 7 Tahun 2006 tentang Standarisasi Sarana dan Prasarana Kerja Pemerintahan Daerah.

“Dalam Pasal 15 ayat 1 dijelaskan, bahwa kendaraan dinas operasional atau kendaraan dinas jabatan disediakan untuk kegiatan operasional perkantoran,” imbuhnya.

Karena itu, ia menyayangkan bila ada oknum yang memakai kendaraan dinas untuk kepentingan pribadi. “Mobil dinas mestinya digunakan untuk kepentingan kedinasan pula, bukan untuk pribadi,” pungkasnya.

Editor : Kholistiono

Baca juga : Mobil Bupati Pati Dipakai Mantenan Warga, Ini Reaksi Bupati

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Nenek Gantung Diri di Ngembak Grobogan Tewas, Ini Penyebabnya

Selengkapnya →