Loading...
You are here:  Home  >  Ekonomi  >  Artikel ini

Jepara Target Penambahan 1000 UMKM dan 25 Koperasi Tiap Tahun



Reporter:    /  @ 11:17:17  /  29 Februari 2016

    Print       Email
Ilustrasi

Ilustrasi

 

MuriaNewsCom, Jepara – Kabupaten Jepara menargetkan penambahan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sebanyak 1000 usaha dan 25 Koperasi untuk setiap tahunnya. Program itu seiring dengan program pemerintah pusat yang menginginkan penambahan usaha kecil dan koperasi semakin banyak demi pembangunan.

Kepala Dinas Koperasi, UMKM dan Pengelolaan Pasar Kabupaten Jepara, Dwi Riyanto mengemukakan, sampai saat ini, di Kabupaten Jepara terdapat 75 ribu UMKM dan 752 koperasi. Target tiap tahun, harus ada 1.000 UMKM baru dan 25 koperasi.

”Untuk saat ini saja ada puluhan pengajuan pendirian koperasi baru,” ucap Dwi Riyanto kepada MuriaNewsCom.

Khusus untuk pengajuan Koperasi memang ada aturan-aturan tersendiri, tidak seperti UMKM. Bahkan, mulai 8 April nanti pengajuan legalitas Koperasi harus langsung ke kementerian. Salah satu penyebabnya adalah di tingkat pusat sudah ada Kementerian secara khusus menangani bidang koperasi.

”Aturan baru itu berlaku bagi yang akan berdiri, maupun perubahan. Untuk koperasi lama tak perlu mengurus perizinan baru,” katanya.

Dia menjelaskan, biasanya proses pengajuannya dari notaris ke dinas koperasi lanjut ke Bupati. Namun nantinya akan ke Kementerian Koperasi. Meski demikian, adanya kebijakan ini bukan berarti bidang koperasi di Dinasnya tidak ada. Justru perlu dikuatkan sebab proses pengajuan tetap melalui dinasnya.

Editor : Titis Ayu Winarni

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Nenek Gantung Diri di Ngembak Grobogan Tewas, Ini Penyebabnya

Selengkapnya →