Loading...
You are here:  Home  >  Ekonomi  >  Artikel ini

Giri Menilai Adanya MEA, Menguntungkan RSUD Rembang



   /  @ 09:22:05  /  29 Februari 2016

    Print       Email
RSUD-rembang

Humas RSUD dr R Soetrasno, Giri Saputro ketika berkunjung ke ruang perawat. (MuriaNewsCom/Ahmad Wakid)

 

MuriaNewCom, Rembang – Humas RSUD dr R Soetrasno, Giri Saputro mengaku tidak khawatir dengan adanya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Justru, ia menilai adanya MEA menjadi keuntungan bagi pihak rumah sakit.

Menurutnya, dengan adanya MEA para perawat lebih kompetitif sehingga kualitasnya pun akan terus terpacu. ”Kami justru merasa diuntungkan karena ada persaingan. Tanpa persaingan, kualitas pelayanan perawat tidak akan terpacu menjadi lebih baik lagi,” jelas Giri.

Terkait akan mempekerjakan perawat asing atau tidak, Giri mengatakan, selagi kompetensinya sama, maka belum perlu menyerap perawat dari manca negara. ”Kami memang mendengar perawat asing misalnya dari Malaysia, Thailand, dan Filipina, mulai bersiap ke Indonesia,” imbuhnya.

Pihaknya mengaku telah mempersiapkan banyak hal untuk menyambut MEA, salah satunya peningkatan kualitas dan mutu perawat melalui uji kompetensi. ”Tiap masa berlaku sertifikat kompetensi perawat habis, kami juga menyelenggarakan pelatihan bagi mereka,” tandasnya.

Secara kualitas perawat, ia tidak khawatir. Namun, untuk kuantitas jumlah perawat dan pasien di RSUD, menurut Giri, masih belum ideal. Idealnya, satu perawat merawat satu pasien. Sementara saat ini, satu perawat rata-rata merawat empat pasien. ”Idealnya, satu pasien satu perawat. Namun di ruang ICU, satu perawat dua pasien. Sementara yang pasien biasa, rata-rata masih dengan satu perawat merawat empat pasien,” terangnya.

Kendati begitu, juru bicara RSUD Rembang itu menegaskan kekurangan perawat itu tidak sampai mengganggu pelayanan terhadap pasien. ”Namun, tidak sampai mengganggu mutu pelayanan terhadap pasien. Bisa dikatakan berada dalam kualifikasi ideal minimal,” pungkasnya.

Editor : Titis Ayu Winarni

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Nenek Gantung Diri di Ngembak Grobogan Tewas, Ini Penyebabnya

Selengkapnya →