Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Kudus  >  Artikel ini

Ini Tanggapan Menaker Soal Kesenjangan Upah Tenaga Kerja Asing dan Lokal



Reporter:    /  @ 19:30:56  /  28 Februari 2016

    Print       Email
Hanif Dhakiri (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)

Hanif Dhakiri (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)

 

MuriaNewsCom, Kudus – Terkati pernyataan Yoris Raweyai Ketua KSPSI yang menyebutkan adanya kesenjangan upah antara tenaga kerja asing dengan tenaga kerja lokal, mendapat tanggapan dari Menteri Ketenagakerjaan M Hanif Dhakiri.

Menurutnya, selama ini memang ada kesenjangan mengenai upah tersebut ataupun hal lainnya.  “Kalau mengenai kesenjangan upah itu, di Indonesia memang banyak. Akan tetapi,kalau diskriminasi upah, itu tidak boleh,” kata Hanif.

Baca juga : KSPSI Sebut Gaji 150 Pekerja Asing Setara dengan Gaji 5 Ribu Buruh di Indonesia

Agar kesenjangan upah tersebut tidak terlalu tinggi, pemerintah katanya telah mengeluarkan aturan mengenai skala upah. Yakni,  PP Nomor 78 tentang Pengupahan.

Dalam skala pengupahan tersebut, katanya, telah diatur bagaimana upah terhadap karyawan yang menduduki jabatan level atas dan bawah. Begitu juga dengan tenaga kerja terampil dan tidak.

Dia menambahkan, untuk mengurangi kesenjangan itu, maka karyawan yang tidak begitu etrampil harus diberi pelatihan. Sehinga,pekerja bisa menjadi terampil dan mendapat gaji yang sama dengan pekerja terampil lainnya.

Editor : Kholistiono

 

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Nenek Gantung Diri di Ngembak Grobogan Tewas, Ini Penyebabnya

Selengkapnya →