Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Kudus  >  Artikel ini

KSPSI Sebut Gaji 150 Pekerja Asing Setara dengan Gaji 5 Ribu Buruh di Indonesia



Reporter:    /  @ 18:48:36  /  28 Februari 2016

    Print       Email
Ketua Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Yoris Raweyai (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)

Ketua Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Yoris Raweyai (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)

 

MuriaNewsCom, Kudus – Banyaknya tenaga kerja asing yang membanjiri Indonesia, dinilai dapat menimbulkan kesenjangan sosial terhadap tenaga kerja lokal.

Hal itu disampaikan Ketua Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Yoris Raweyai. “Kementerian Tenga Kerja sudah mengeluarkan aturan agar tenaga kerja asing yang masuk ke Indonesia sesuai profesi dan kompetensi yang dimiliki. Untuk itu, pihak terkait diminta mentaati itu, agar tidak asal memakai tenaga kerja asing,” ujarnya usai mengikuti jalan sehat dalam acara ulang tahun ke -43  KSPSI di Kudus, Minggu (28/2/2016).

Terkait kesenjangan tersebut, pihaknya juga akan melakukan komunikasi dengan instansi terkait, sehingga nantinya kesenjangan tenaga kerja asing dengan lokal tidak semakin tinggi.

“Contohnya saja, saat ini di salah satu perusahaan asing yang mempunyai pekerja asing sebanyak  150 orang saja, itu untuk gajinya setara dengan gaji sebanyak 5 ribu karyawan dari Indonesia,” katanya.

Dia menilai, dengan adanya kesenjangan semacam itu, bisa dijadikan alasan bagi perusahaan untuk melakukan pemutusan hubungan kerja bagi tenaga kerja lokal. Untuk itu, perusahaan diminta mempertimbangkan berbagai aspek jika mengambil tenaga kerja asing.

Dengan adanya kesenjangan semacam itu, pihak KSPSI sudah berkomunikasi dengan kementerian terkait. Selain itu, pihaknya juga meminta kepada Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) dan Kamar Dagang Indonesia (Kadin), untuk duduk bersama membahas kesenjangan tersebut.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Nenek Gantung Diri di Ngembak Grobogan Tewas, Ini Penyebabnya

Selengkapnya →