Loading...
You are here:  Home  >  Ekonomi  >  Artikel ini

Perawat, Siapkan Dirimu Jika Tak Mau Kalah Bersaing dengan Tenaga dari Luar Negeri



   /  @ 20:06:21  /  27 Februari 2016

    Print       Email
Sekretaris Umum PPNI DPW Jawa Tengah Untung Sujian. (MuriaNewsCom/Ahmad Wakid)

Sekretaris Umum PPNI DPW Jawa Tengah Untung Sujian. (MuriaNewsCom/Ahmad Wakid)

 

MuriaNewsCom, Rembang – Di tengah persaingan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), perawat juga dituntut untuk dapat bersaing dengan perawat dari negara lain. Pasalnya, perawat dari Filipina, Malaysia, dan Thailand sudah mempersiapkan diri untuk membanjiri Indonesia.

Hal tersebut diungkapkan Sekretaris Umum PPNI DPW Jawa Tengah Untung Sujian di sela-sela Musyawarah Daerah PPNI Kabupaten Rembang, di Hotel Gajah Mada Rembang, Sabtu (27/2/2016).

Untung mengungkapkan, bahwa perawat-perawat dari negara tetangga sudah terdeteksi berminat untuk membanjiri Indonesia. Mereka bahkan sudah jauh-jauh hari mempersiapkan diri.“Dari Filipina, Malaysia dan Thailand banyak yang tertarik bekerja di Indonesia. Bahkan Mereka sudah mempersiapkan diri dengan belajar budaya dan berbahasa Indonesia,” ujarnya.

Untung menyebut, Jika perawat dari Filipina ingin bekerja di Indonesia maka mereka harus menguasai bahasa Indonesia, begitu juga sebaliknya. Namun, syarat utama bahasa yang harus dikuasai adalah Bahasa Inggris.

“Perawat harus memenuhi beberapa persyaratan yang telah disepakati oleh negara-negara di ASEAN jika ingin diakui di negara sendiri maupun negara lain. Salah satunya berkaitan dengan budaya setempat, termasuk bahasa lokal,” jelasnya.

Dari sisi pendidikan, kata Untung, perawat harus minimal D3 keperawatan dan spesialis. Selain itu, juga harus lulus uji kompetensi, teregistrasi Surat Tanda Regristasi (STR) dan harus lulus uji di negara tujuan.

“Saat ini perawat di Indonesia sudah dipersiapkan untuk mulai uji kompetensi sampai penerbitan STR. Dari sisi legalitas, maka perawat yang yang memiliki STR sudah diakui di Indonesia maupun negara-negara ASEAN. Selanjutnya tinggal penambahan syarat-syarat tambahan,” tambahnya.

Editor : Kholistiono

Baca juga : MEA, Koperasi di Rembang Wajib Kreatif

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Nenek Gantung Diri di Ngembak Grobogan Tewas, Ini Penyebabnya

Selengkapnya →