Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Grobogan  >  Artikel ini

Wabup Grobogan Sebut untuk Meraih Adipura Ini Kunci Utamanya



Reporter:    /  @ 19:15:35  /  27 Februari 2016

    Print       Email
Wakil Bupati Grobogan Icek Baskoro saat memimpin rapat persiapan penilaian Adipura bersama dinas terkait. (MuriaNewsCom/Dani Agus)

Wakil Bupati Grobogan Icek Baskoro saat memimpin rapat persiapan penilaian Adipura bersama dinas terkait. (MuriaNewsCom/Dani Agus)

 

MuriaNewsCom, Grobogan – Untuk bisa meraih Adipura, diperlukan konsep yang jelas, terpadu dan berkesinambungan. Namun, ada hal lain yang lebih utama, yakni menggandeng semua komponen masyarakat untuk menyukseskan penilaian Adipura. Caranya, dengan menata lingkungan masing-masing agar bersih, rapi, asri serta penanganan sampahnya dilakukan dengan baik.

“Kalau bisa melibatkan semua komponen masyarakat untuk berpartisipasi, maka kesempatan meraih Adipura bisa lebih terbuka. Jadi, salah satu komponen penting adalah menggugah kesadaran warga akan pentingnya menciptakan lingkungan yang bersih. Baik berkaitan dengan penilaian Adipura maupun tidak,” tegas Wakil Bupati Grobogan Icek Baskoro saat memimpin rapat persiapan penilaian Adipura yang akan dimulai bulan Maret mendatang.

Menurut Icek, sejauh ini, Grobogan sudah berhasil meraih piala Adipura sebanyak empat kali. Yakni, pada tahun 2009, 2010, 2012 dan 2013. Empat kali keberhasilan meraih juara itu tidak didapat dengan mudah, tetapi butuh keseriusan serta persiapan yang lama.

“Untuk meraih Adipura tidak bisa dilakukan dengan instan. Jika digarap dengan sungguh-sungguh, maka kesempatan mendapatkan Adipura pasti datang,” katanya.

Dalam dua tahun terakhir, piala Adipura gagal diraih kembali. Hal ini, salah satu penyebabnya adalah rendahnya poin penilaian pada tempat pembuangan akhir (TPA) sampah. Pasalnya, pengelolaan TPA masih dilakukan secara konvensional dan belum memenuhi persyaratan ramah lingkungan.

Editor : Kholistiono

Baca juga : Sst..sst Adipura jadi Mimpi Grobogan

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Nenek Gantung Diri di Ngembak Grobogan Tewas, Ini Penyebabnya

Selengkapnya →