Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Kudus  >  Artikel ini

Dinsosnakertrans Kudus Datangi Perusahaan Terkait Realisasi UMK 2016



Reporter:    /  @ 20:43:08  /  26 Februari 2016

    Print       Email
Ilustrasi

Ilustrasi

 

MuriaNewsCom,Kudus – Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kudus terus melakukan pemantauan realisasi upah minimum kabupaten (UMK). Pihak dinas, secara acak mendatangi langsung perusahaan untuk mengetahui apakah gaji yang dibayarkan kepada karyawan sudah sesuai UMK atau belum.

Kabid Perselisihan Hubungan Industrial Ketenagakerjaan pada Dinsosnakertrans Kudus Wisno Broto Jayawardana mengatakan, sejumlah perusahaan di survei oleh tim pemantau upah minimum kabupaten.

“Kami mendatangi perusahaan secara langsung. Untuk perusahaan besar, relatif patuh untuk membayarkan gaji karyawan sesuai UMK, begitupun dengan perusahaan skala menengah dan kecil, sudah membayar sesuai ketentuan. Survei yang kami lakukan ini sekitar 100 perusahaan,” katanya.

Baca juga : Tak Ada yang Menangguhkan, Perusahaan Wajib Gaji Karyawan Sesuai UMK

Mengenai prosentase perusahaan besar yang disurvei mencapai 20 persen. Sedangkan untuk perusahaan skala menengah dan kecil, masing-masing 40 persen. Pengecekan dilakukan secara acak dan dimulai dari kawasan pinggiran.

”Sejauh ini masih belum ada kami temukan perusahaan yang masih membayar di bawah UMK. Tapi, kalau memang nanti ditemukan perusahaan yang masih membandel, nanti akan diproses lebih lanjut,” ujarnya.

Dia mengatakan, menyikapi perusahaan yang dimungkinkan tidak membayar upah karyawan sesuai UMK, perlu adanya audit khusus. “Hanya saja, untuk dapat mengaudit satu perusahaan saja butuh waktu dan tenaga yang tidak sedikit. ‎Yang jelas, untuk pengawasan realisasi UMK ini butuh dukungan semua pihak,” imbuhnya.

Editor : Kholistiono

 

Baca juga : Kalau Perusahaanmu Langgar Nilai UMK 2016, Lapor Pemkab Kudus

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Nenek Gantung Diri di Ngembak Grobogan Tewas, Ini Penyebabnya

Selengkapnya →