Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Kudus  >  Artikel ini

Ada Kabar Gembira untuk Ribuan Keluarga Miskin di Kudus



Reporter:    /  @ 10:39:37  /  26 Februari 2016

    Print       Email
Pencairan dana PKH di Kecamatan Jati, tahun kemarin. (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

Pencairan dana PKH di Kecamatan Jati, tahun kemarin. (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

 

MuriaNewsCom, Kudus – Penerimaan bantuan Progam Keluarga Harapan (PKH) yang diberikan untuk ribuan Keluarga Sangat Miskin (KSM) di Kudus, bakal dicairkan Maret 2016.

Hal itu dikatakan Kabid Sosial Dinsosnakertrans Kudus S Trimo. Menurutnya, pencairan selalu dilakukan tiga bulan sekali. Dan pada periode pertama yakni tiga bulan pertama dicairkan pada Maret.

“Waktu persisnya masih menunggu, termasuk pula jadwal pencairan per kecamatan juga belum ada. Namun yang pasti maret sudah cair,” katanya kepada MuriaNewsCom

Bantuan tetap yang diterima adalah Rp 500 ribu per KSM. Sedangkan untuk komponen ibu hamil, menyusui nifas dan anak pra sekolah Rp 1 juta. Pencairan dibantu menjadi empat tahapan selama setahun.

Sedangkan bagi yang memiliki anak SD, bantuan yang didapat adalah Rp 450 ribu, SMP Rp 750 ribu dan SMA Rp 1 juta. Meski demikian, jika semua aspek masuk maka bantuan yang diterima maksimal adalah Rp 3,7 juta.

Dia menjelaskan, progam PKH diperuntukkan untuk menyuplai biaya pendidikan dan biaya kesehatan. Sebab awalnya progam dibuat untuk membantu keluarga yang kekurangan untuk mensekolahkan anak dan biaya berobat.

Menurutnya, penerima PKH juga dipantau melalui kehadiran anaknya di sekolah. Sebab pendamping akan mengecek langsung dengan datang ke sekolah. Dengan melakukan pemantauan langsung ke sekolah, maka progam itu diharapkan membuat semangat belajar siswa bertambah.

Editor : Akrom Hazami

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Nenek Gantung Diri di Ngembak Grobogan Tewas, Ini Penyebabnya

Selengkapnya →