Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Grobogan  >  Artikel ini

Hebat, Smansa Purwodadi jadi Jawara Lomba Baris Berbaris



Reporter:    /  @ 06:06:25  /  26 Februari 2016

    Print       Email
Tim Smansa Purwodadi Plt Kepala Disporabudpar Grobogan Wiku Handoyo dan panitia lomba. (MuriaNewsCom/Dani Agus)

Tim Smansa Purwodadi Plt Kepala Disporabudpar Grobogan Wiku Handoyo dan panitia lomba. (MuriaNewsCom/Dani Agus)

 

MuriaNewsCom, Grobogan – Sebuah rekor istimewa berhasil diraih tim SMAN 1 (Smansa) Purwodadi dalam ajang lomba Tata Upacara Bendera (TUB) dan Baris Berbaris (BB) yang digelar Disporabudpar Grobogan. Di mana, untuk kesembilan kalinya, tim Smansa Purwodadi berhasil jadi juara dalam lomba yang rutin digelar tiap tahun tersebut.

Gelar juara kesembilan diraih dalam hari terakhir lomba TUB dan BB yang digelar di GOR Simpang Lima Purwodadi, Kamis (25/2/2016) sore. Setelah Smansa, gelar peringkat II diraih MAN Purwodadi dan urutan berikutnya SMKN 2 Purwodadi.

“Selama 9 tahun berturut-turut, anak-anak berhasil menjadi juara dalam lomba TUB dan PBB. Ini sebuah prestasi yang membanggakan dan cukup sulit untuk bisa diulang atau disamai,” cetus Kepala Smansa Purwodadi Amin Hidayat.

Pelaksanaan lomba TUB dan BB tingkat SMA/SMK/MA itu sudah dilangsungkan sejak 23 Februari lalu. Total, ada 22 sekolah yang ikut ambil bagian dalam lomba tersebut.

“Lomba ini merupakan agenda rutin tiap tahun. Peserta lomba khusus untuk siswa setingkat SMA dan ada 22 sekolah yang ambil bagian,” kata Plt Kepala Disporabudpar Grobogan Wiku Handoyo melalui Kabid Kepemudaan Disporabudpar Sudarmono.

Dijelaskan, untuk lomba TUB pesertanya 21 orang tiap sekolah. Adapun durasi lomba selama 45 menit. Sedangkan lomba BB ada 19 peserta tiap sekolah dan durasinya 30 menit.

Selain piala bergilir, pemenang lomba juga disediakan uang pembinaan. Selanjutnya, para pemenang nantinya akan dikirim ke lomba tingkat Bakorwil di Demak pada bulan Maret mendatang.
“Juri lomba dari tiga instansi. Yakni, Disporabudpar, Kodim 0717 Purwodadi, dan Dinas Pendidikan Grobogan,” jelasnya.

Ditambahkan, ada beberapa tujuan digelarnya lomba tersebut. Antara lain, untuk meningkatkan kedisiplinan generasi muda, menumbuhkan semangat cinta tanah air, menumbuhkan semangat kebangsaan. Kemudian, melalui lomba itu diharapkan bisa mengembangkan sikap kepemimpinan serta meningkatkan kualitas TUB dan BB di sekolah.

Editor : Akrom Hazami

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Nenek Gantung Diri di Ngembak Grobogan Tewas, Ini Penyebabnya

Selengkapnya →