Loading...
You are here:  Home  >  Kesehatan  >  Artikel ini

Takut Donor Darah? Ini Trik Oke Biar Berani



Reporter:    /  @ 08:00:46  /  26 Februari 2016

    Print       Email
Kegiatan donor darah tampak dilakukan di salah satu sudut di Kabupaten Kudus. (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

Kegiatan donor darah tampak dilakukan di salah satu sudut di Kabupaten Kudus. (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

 

MuriaNewsCom, Kudus – Tidak semua orang berani dengan jarum suntik. Terlebih donor darah, masih banyak dijumpai masyarakat yang takut dengan donor, dengan alasan yang beraneka macam. Padahal, terdapat cara praktis atasi takut donor darah.

Dokter fungsional PMI Kudus dr Elok Milhana mengatakan, donor darah tidak usah ditakutkan. Sebab semuanya sudah sesuai dengan prosedur dan alat yang teruji. Sehingga sebenarnya tidak akan ada yang perlu dikhawatirkan apalagi sampai ditakutkan.

“Kunci sebenarnya dalam melakuan donor adalah terletak pada diri sendiri. Sebab segala sesuatunya tentang donor harus disiapkan oleh diri sendiri,” katanya kepada MuriaNewsCom.

Menurutnya, kesiapan mental justru dibutuhkan untuk dapat melangsungkan donor darah. Dengan mental yang lebih siap dalam donor, maka dapat membantu lebih percaya diri dalam donor.

Selain syaratnya yang tidak dapat di nego, yakni berat badan yang minimal 45, kepercayaan diri juga sangat membantu dalam donor. Selain hal wajib doa juga sangat jelas membantu.

Beberapa kasus, terkadang orang yang mau donor darah kali pertama akan merasa gugup. Hal ini berdampak pada tensi darah yang tidak stabil bahkan anjlok, sehingga tidak dapat melakukan donor darah.

“Jadi bagi yang mau berdonor sebaiknya menjaga kondisi tubuh. Selain itu tidak usah khawatir soal donor karena petugas juga sudah ahli. Jadi tidak akan apa apa,” ungkapnya.

Tenaga PMI juga sudah handal, sehingga masyarakat tidak perlu khawatir lagi dengan donor karena semua petugas sudah menempuh pendidikan soal hal itu.

Editor : Akrom Hazami

Baca juga :

Mitos atau Fakta, Donor Darah Bisa Gemuk 

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Nenek Gantung Diri di Ngembak Grobogan Tewas, Ini Penyebabnya

Selengkapnya →