Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Kudus  >  Artikel ini

Maksimalkan Dana Cukai, BLK Kudus Bakal Siapkan Kursus Lanjutan



Reporter:    /  @ 19:44:19  /  25 Februari 2016

    Print       Email

iklan cukai-kudus-2

Sosialisasi Peraturan Menteri Keuangan Nomor 20/PMK.07/2009 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Keuangan Nomor 84/PMK.07/2008 tentang Penggunaan Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau dan Sanksi Atas Penyalahgunaan Alokasi Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau dan Peraturan Bupati Kudus Nomor 32 Tahun 2013 tentang Pedoman Pengelolaan Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau di Kabupaten Kudus

 

MuriaNewsCom, Kudus – Salah satu contoh nyata penggunaan Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) yang diterima Kabupaten Kudus adalah beragam ketrampilan yang dilakukan di Balai Latihan Kerja (BLK) Kudus.

Keberadaan BLK Kudus memang memberikan manfaat yang tidak sedikit kepada warga di wilayah ini. Termasuk pada tahun 2016 ini, di mana Balai Latihan Kerja (BLK) Kudus sudah mempersiapkan pelatihan ketrampilan lanjutan bagi siswanya.

Bukan hanya itu. BLK juga sudah memilih ketrampilan yang kemudian menjadi favorit dari warga. Atau yang memang banyak dipilih warga, karena dinilai sangat membantu untuk menunjang kehidupan warga.

Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Ludhful Hakim didampingi Kepala BLK Sajad mengungkapkan, pelatihan lanjutan sedang dipersiapkan oleh pihak BLK.

”Kami lakukan berdasarkan dari permintaan para peserta BLK. Mereka menginginkan adanya pelatihan tingkat lanjutan, untuk jurusan yang diambil mereka,” katanya.

Sajad mengatakan, materi yang diberikan dalam kursus lanjutan tersebut, tentu saja adalah dari yang sudah pernah diberikan pada tingkat dasar. Sehingga, peserta yang mengikuti materi pelatihan, adalah mereka yang sudah memiliki sertifikat pelatihan sebelumnya.

”Mereka akan bisa dengan mudah mengikutinya, karena sudah menerima pelatihan dasar. Ini juga diketahui dari sertifikat pelatihan sebelumnya, yang sudah mereka terima,” jelasnya.

Ada beberapa jurusan yang menjadi favorit warga dalam mengikuti pelatihan di BLK. Seperti pelatihan menjahit, bengkel motor, tata rias salon, kecantikan rambut, kecantikan kulit, rias pengantin, serta tata boga.

Sajad mencontohkan, materi untuk tata boga bukan hanya mengajarkan cara membuat kue saja. Melainkan juga mengajarkan cara membuat masakan lain seperti bakso, serta kuliner lainnya.

Mengenai instruktur yang terdapat pada BLK, katanya adalah sebagian besar sudah ada. Namun beberapa di antaranya kerja sama dengan bimbingan belajar atau kursus yang terdapat di Kudus.
”Untuk instruktur sebagian besar sudah ada. Namun yang belum terdapat adalah jurusan tata boga dan salon kecantikan. Soalnya sudah mendapatkannya,” ungkapnya. (ads)

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Nenek Gantung Diri di Ngembak Grobogan Tewas, Ini Penyebabnya

Selengkapnya →