Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Grobogan  >  Artikel ini

Pastikan Tepat Sasaran, Calon Penerima Bantuan Benih Jagung Diverifikasi Ulang



Reporter:    /  @ 13:30:21  /  25 Februari 2016

    Print       Email
Para pengurus LMDH sedang mendapat pengarahan terkait pelaksanaan verifikasi buat calon penerima bantuan benih jagung. (MuriaNewsCom/Dani Agus)

Para pengurus LMDH sedang mendapat pengarahan terkait pelaksanaan verifikasi buat calon penerima bantuan benih jagung. (MuriaNewsCom/Dani Agus)

 

MuriaNewsCom, Grobogan – Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura (Dipertan TPH) Grobogan akan melangsungkan verifikasi ulang terhadap calon penerima penerima bantuan benih jagung yang akan ditanam di kawasan hutan. Hal itu itu dilakukan untuk memastikan data calon penerima dan calon lokasi (CPCL) sudah sesuai ketentuan.

”Verifikasi yang kita lakukan ini bukan bertujuan mempersulit. Tetapi guna memastikan bantuan nanti tepat pada sasaran sehingga tidak memunculkan persoalan dikemudian hari,” ungkap Kabid Tanaman Pangan Dipertan TPH Grobogan Ahmad Zulfa Kamal saat menggelar pertemuan dengan perwakilan LMDH di Aula Perhutani KPH Purwodadi, Kamis (26/2/2016).

Hadir dalam kesempatan itu, Administratur KPH Purwodadi Damanhuri dan KSS P3K Perhutani Divre Semarang Marwanto. Acara pertemuan dihadiri 40 LMDH di empat KPH yang masuk wilayah Grobogan. Yakni, KPH Purwodadi, KPH Gundih, KPH Semarang, dan KPH Telawa.

Menurut Kamal, terkait dengan verifikasi itu, semua LMDH diminta segera menyodorkan daftar nama dan alamat anggotanya serta melampirkan fotokopi KTP. Kemudian data itu juga dilengkapi dengan luasan lahan yang akan digarap dan varietas jagung yang diinginkan petani. Daftar anggota itu selanjutnya perlu diketahui pihak kepala desa dan diteruskan pada Dipertan TPH.

”Kami harapkan data dari LMDH ini secepatnya diserahkan untuk segera kita verifikasi lapangan. Soalnya, pada Maret nanti kita targetkan bantuan benih jagung bisa mulai disalurkan,” katanya.

Administratur KPH Purwodadi Damanhuri menyatakan, luas areal hutan di wilayah Grobogan untuk komoditas jagung yang akan dapat bantuan benih sebanyak 10.815 hektare. Masing-masing, 1.944 hektare di KPH Purwodadi, 3.361 hektare di KPH Gundih, 4.025 di KPH Semarang, dan 1.248 hektare di KPH Telawa.

”Sekitar 125 LMDH yang terlibat dalam penanaman jagung di kawasan hutan ini. Kami berharap, verifikasi CPCL ini bisa cepat selesai agar bantuan benih bisa segera diterima petani,” ujar Damanhuri didampingi KSS P3K Perhutani Divre Semarang Marwanto.

Editor : Titis Ayu Winarni

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Nenek Gantung Diri di Ngembak Grobogan Tewas, Ini Penyebabnya

Selengkapnya →