Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Jepara  >  Artikel ini

Sejumlah Ruas Jalan Tergenang Air, Ini Tanggapan Wakil Ketua DPRD Jepara



Reporter:    /  @ 11:35:48  /  25 Februari 2016

    Print       Email
Genangan air di depan RSI Sultan Hadirin Jepara membuat aktivitas lalu lintas tersendat. (MuriaNewsCom/Wahyu Khoiruz Zaman)

Genangan air di depan RSI Sultan Hadirin Jepara membuat aktivitas lalu lintas tersendat. (MuriaNewsCom/Wahyu Khoiruz Zaman)

 

MuriaNewsCom, Jepara – Sebagian besar wilayah Kabupaten Jepara diguyur hujan sejak dini hari tadi, Kamis (25/2/2016). Sejumlah ruas jalan baik jalan Kabupaten maupun Nasional tergenang air dengan kedalaman hingga 30 cm bahkan sampai ukuran lutut orang dewasa. Hal itu mendapatkan respon dari Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jepara Aris Isnandar.

Menurut Aris, sejumlah ruas jalan yang sampai tergenang oleh air hingga sampai separo ketinggian ban disebabkan drainase yang buruk. Hal itu sangat disayangkan, karena permasalahan drainase berulangkali disampaikan oleh DPRD Jepara kepada Pemerintah Kabupaten Jepara. Baik itu drainase yang ada di tingkat kabupaten maupun di tingkat kecamatan.

”Termasuk drainase yang ada di jalur Jalan Provinsi, bahkan jalan yang saat ini berstatus jalan Nasional. Pemkab sudah kami minta untuk berkoordinasi dengan provinsi dan pihak terkait,” ujar Aris kepada MuriaNewsCom, Kamis (25/2/2016).

Menurutnya, jika jalan rusak hanya dilakukan perbaikan dengan menambal dan mengaspal, hal tersebut bukan menjadi solusi utama. Karena, salah satu faktor penyebab sering rusaknya jalan adalah air. Sehingga, penataan drainase sangat diutamakan.

”Kalau jalan rusak hanya ditambal aspal, menurut saya percuma. Benahi dulu drainasenya, mulai dari tingkat kecamatan sampai kabupaten. Perencanaan jangka panjang bisa dikomunikasikan dengan provinsi,” tandas Aris.

Dari pantauan MuriaNewsCom, sejumlah ruas jalan baik yang berstatus jalan Kabupaten, maupun Nasional, baik yang berada di dalam perkampungan maupun kawasan kota sudah tergenang air. Misalnya, di kawasan kota genangan air nampak di kawasan Pecinan, hingga kawasan jalan di depan rumah dinas Wakil Bupati Jepara.

Tak hanya itu, di sejumlah jalan yang ada di Kecamatan Tahunan, Bangsri, Mlonggo, Pecangaan dan Kalinyamatan tak luput dari genangan air. Genangan air di sejumlah ruas jalan tersebut mengakibatkan arus transportasi tersendat. Bahkan ada beberapa pengendara yang melintas terpaksa mendorong kendaraannya lantaran mogok di tengah jalan saat menerobos genangan air.

Editor : Titis Ayu Winarni

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Nenek Gantung Diri di Ngembak Grobogan Tewas, Ini Penyebabnya

Selengkapnya →