Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Grobogan  >  Artikel ini

Ini yang Bikin Bangga Kades Banjarejo Grobogan Terkait Banyaknya Penemuan Benda Purbakala



Reporter:    /  @ 19:21:51  /  24 Februari 2016

    Print       Email
Kades Banjarejo Ahmad Taufik (MuriaNewsCom)

Kades Banjarejo Ahmad Taufik (MuriaNewsCom)

 

MuriaNewsCom, Grobogan – Banyaknya penemuan benda purbakala, cagar budaya serta aneka perhiasan di Desa Banjarejo, Kecamatan Gabus dalam beberapa tahun terakhir, memang menyedot perhatian banyak pihak. Yang pertama, tentu saja dari masyarakat. Hal ini ditandai dengan banyaknya pengunjung dari berbagai daerah yang datang kesana untuk melihat koleksi benda bersejarah.

Kemudian, para peneliti dari berbagai instansi pemerintahan juga sudah berdatangan untuk melakukan observasi lapangan. Seperti, dari Balai Pelestarian Situs Manusia Purba (BPSMP) Sangiran, Balai Arkeologi Yogyakarta, Disbudpar Jateng serta Disporabudpar Grobogan.

“Banyaknya penemuan disini memang menyedot perhatian dari berbagai pihak. Hal ini saya rasa luar biasa dan diluar dugaan,” kata Kades Banjarejo Ahmad Taufik.

Satu hal lagi yang perlu mendapat apresiasi dan bikin bangga adalah, makin meningkatnya kepedulian warga terhadap penemuan benda bersejarah. Dimana, benda-benda yang ditemukan langsung diserahkan dengan suka rela, agar menambah koleksi yang sudah ada.

“Kehadiran ribuan orang dari berbagai daerah ke sini, secara tidak langsung menjadi sarana edukasi buat warga sini. Sejak beberapa bulan terakhir, beragam temuan benda purbakala maupun cagar budaya langsung ditunjukkan pada saya. Terus terang, saya bangga dengan meningkatnya kepedulian warga akan benda warisan nenek moyang ini,” cetusnya.

Menurutnya, dalam kurun waktu 10 tahun terakhir, sebenarnya ada banyak benda kuno yang berhasil ditemukan warga. Sayangnya, sebagian besar benda bersejarah itu sudah dijual.

Kondisi itu, sempat membuat Taufik prihatin. Akhirnya, upaya penyelamatan awal dilakukan. “Agar tidak hilang semua, benda kuno yang masih disimpan warga dikumpulkan sebisanya. Bahkan, sekadar foto bendanya juga dikumpulkan karena nantinya akan bermanfaat untuk referensi penelitian,” kata Taufik.

Editor : Kholistiono

 

Baca juga : Meski Hanya Gambar, Benda Purbakala yang Ditemukan di Banjarejo Grobogan Terus Dikumpulkan

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Nenek Gantung Diri di Ngembak Grobogan Tewas, Ini Penyebabnya

Selengkapnya →