Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Pati  >  Artikel ini

Hebat! SMA PGRI 2 Kayen Pati Sabet Juara 1 Indonesian Science Project Olympiad



Reporter:    /  @ 17:12:03  /  24 Februari 2016

    Print       Email
Rafi Jaya Sutrisno dan Suprihatin, siswa SMA PGRI 2 Kayen tengah membuat komposit dari pemanfaatan limbah kulit singkong dan serat batang pisang. (MuriaNewsCom/Lismanto)

Rafi Jaya Sutrisno dan Suprihatin, siswa SMA PGRI 2 Kayen tengah membuat komposit dari pemanfaatan limbah kulit singkong dan serat batang pisang. (MuriaNewsCom/Lismanto)

 

MuriaNewsCom, Pati – SMA PGRI 2 Kayen akhirnya berhasil menyabet juara pertama di bidang fisika dalam kompetisi Indonesia Science Project Olympiad. Kemenangan itu diraih setelah melalui seleksi dari 3.000 karya yang dikumpulkan dari seluruh Indonesia.

Karya anak SMA PGRI 2 Kayen yang memanfaatan kulit singkong dan serat batang pisang menjadi komposit juga berhasil meraih hati para juri dari Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Diponegoro, Universitas Gajah Mada (UGM), dan para pakar fisika Indonesia lainnya.

“Dari 3.000 karya berbagai bidang, mulai fisika, biologi, kimia, dan lingkungan, semuanya diseleksi hingga 70 karya. Anak kita lolos seleksi bidang fisika dan akhirnya bisa menyabet juara pertama,” ujar Kepala SMA PGRI 2 Kayen Surata kepada MuriaNewsCom, Rabu (24/2/2016).

Ia mengatakan, temuan siswanya tersebut tergolong unik. Dari kulit singkong dan serat batang pisang bisa disulap menjadi komposit sebagai bahan baku mobil dan pesawat menggantikan peran besi.

“Hasil temuannya sangat ulet, kuat, dan tahan api. Sangat cocok sebagai pengganti besi. Bahannya pun dari limbah sisa yang sangat mudah ditemukan di lingkungan sekitar kita,” tambahnya.

Karena itu, pihaknya berharap agar hasil temuan siswanya itu bisa menjadi solusi di tengah keterbatasan sumber daya alam yang tidak bisa diperbarui. “Semoga saja pemerintah bisa melirik temuan siswa kami sebagai bahan alternatif pengganti besi,” harapnya.

Editor : Kholistiono

 

Baca juga : Wow, Bahan Baku Pesawat Buatan Siswa Pati Ini Diklaim Ringan, Awet, dan Tahan Api

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Nenek Gantung Diri di Ngembak Grobogan Tewas, Ini Penyebabnya

Selengkapnya →