Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Kudus  >  Artikel ini

Cegah Longsor Terjadi Lagi, Dawe Timur Siap Dikonservasi



Reporter:    /  @ 16:56:27  /  24 Februari 2016

    Print       Email
Mundi, Kepala Kantor Lingkungan Hidup Kudus. (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)

Mundi, Kepala Kantor Lingkungan Hidup Kudus. (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)

 

MuriaNewsCom, Kudus – Banyaknya lahan atau jalan longsor ketika hujan, kini pemerintah Kudus dalam hal ini Kantor Lingkungan Hidup (KLH) siap mengkonservasi wilayah tersebut. Yaitu dengan menanam pohon di sepanjang jalan wilayah Kecamatan Dawe sebelah timur.

Penanaman tersebut difokuskan pada beberapa wilayah yang berada di Kecamatan Dawe sebelah timur. Di antaranya Desa Dukuhwaringin, Desa Tergo, Desa Kajar, dan Desa Rejosari.
Kepala Kantor Lingkungan Hidup Kudus Mundir mengatakan, untuk konservasi lingkungan pihaknya memilih menanam pohon sono keling, asam, dan lainnya. ”Namun untuk jumlahnya, kami belum tahu. Sebab anggaran dari APBD dan melalui pihak ke tiga (pelelang), sehingga untuk jumlahnya kita belum tahu pasti berapa. Kemungkinan penanaman itu dimulai bulan April 2016 mendatang,” ujarnya.

Manfaat dari penanaman pohon tersebut sebagai sarana konservasi di pegunungan Muria yang kondisi pohonnya semakin menipis. Karena dengan penanaman pohon, maka memberikan resapan air yang cukup memadai. ”Mudah-mudahan pohon itu bisa menjadi sarana resapan air. Sebab air di pegunungan Muria ketika musim kemarau kapasitasnya menurun,” tuturnya.
Dia menambahkan, untuk penanaman pohon konservasi tersebut, nantinya pihak KLH juga diberi kewenangan untuk merawat selama enam bulan kedepan. Sehingga pada waktu tersebut pohon itu menjadi pengawasan KLH. Setelah itu, nantinya pohon tersebut diserahkan ke Aset Daerah.

Editor : Titis Ayu Winarni

Baca juga :

Curah Hujan Tinggi, Rahtawu Kudus Siaga Longsor

Warga Kesurupan, Jadi Pertanda Akan Terjadi Longsor di Rahtawu

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Nenek Gantung Diri di Ngembak Grobogan Tewas, Ini Penyebabnya

Selengkapnya →