Loading...
You are here:  Home  >  Ekonomi  >  Artikel ini

Mau Kaya? Coba Lirik Peluang Usaha Kambing Domba Nan Menggiurkan



Reporter:    /  @ 11:46:53  /  24 Februari 2016

    Print       Email
Penggembala kambing domba melakukan aktivitasnya di Desa Setrokalangan, Kaliwungu, Kudus. (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)

Penggembala kambing domba melakukan aktivitasnya di Desa Setrokalangan, Kaliwungu, Kudus. (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)

 

MuriaNewsCom, Kudus – Siapa sangka, daerah Setrokalangan, Kecamatan Kaliwungu, Kudus yang sering dicap sebagai daerah langganan banjir, malah jadi tempat subur untuk usaha ternak kambing jenis domba.

Salah satu peternak domba di wilayah itu, Sutrimo (50), telah membuktikannya sendiri. Menurut pria yang kini sudah mempunyai 20 ekor domba, dataran rendah seperti di Setrokalangan , amat cocok untuk jadi tempat ternak domba. “Cocok untuk pelihara domba,” kata Sutrimo, ditemui sedang menggembalakan hewan ternaknya, Rabu (24/2/2016).

Dia juga menuturkan keunggulan domba dibanding jenis kambing lainnya. Seperti kambing Jawa, misalnya. Dari pengalaman Sutrimo, domba itu memiliki ketahanan tubuh yang lebih kuat dibanding kambing Jawa. Terlebih, domba itu makanannya juga tidak neko-neko. Yaitu, kangkung rumput, ampas tahu dan sejenisnya. Kemudian, perawatannya juga lebih mudah, yakni kandang atau tempatnya juga tidak harus bersih atau di tempat yang kering.

Adapun harga jual domba tidak jauh beda dengan kambing Jawa. Biasanya, pedagang membelinya Rp 2,5 juta per ekor jantan. “Pedagang ambil sendiri ke kandang. Kami tidak usah repot-repot ke pasar,” imbuh Sutrimo.

Sedangkan untuk kambing Jawa, makanannya harus rumput dan kangkung. Dan itupun harus bersih. Selain itu, bila ditempatkan di daerah dataran rendah, biasanya kambing akan terkena penyakit kulit.

Dari pantauan, di desa itu, salah satunya di Dukuh Karangturi, terdapat puluhan kandang domba. Rata-rata, setiap kandangya terdapat lima hingga 25 ekor domba.

Editor : Akrom Hazami

Baca juga :
Peluang Usaha Baper Bikin Ngiler Raup Untung 

Peluang Usaha Ternak Trucuk Mudah Raup Untung Hingga Ratusan Ribu Rupiah 

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Nenek Gantung Diri di Ngembak Grobogan Tewas, Ini Penyebabnya

Selengkapnya →