Loading...
You are here:  Home  >  Hukum & Kriminal  >  Artikel ini

Soal Izin Karaoke di Pati, Ini Putusan Hakim PTUN Semarang



Reporter:    /  @ 10:01:22  /  24 Februari 2016

    Print       Email
Suasana persidangan di PTUN Semarang terkait dengan perkara perpanjangan TDUP karaoke di Pati. (MuriaNewsCom/Lismanto)

Suasana persidangan di PTUN Semarang terkait dengan perkara perpanjangan TDUP karaoke di Pati. (MuriaNewsCom/Lismanto)

 

MuriaNewsCom, Pati – Majelis hakim Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Semarang akhirnya memutuskan perkara izin karaoke di Pati yang diajukan sejumlah pengusaha karaoke.

Dari dua perkara yang diajukan kuasa hukum, satu perkara diputuskan agar Pemkab Pati segera memberikan izin karaoke. Sementara itu, satu perkara lainnya diputuskan supaya Pemkab Pati tidak memberikan izin karaoke.

Tempat karaoke yang gugatannya diterima Hakim PTUN Semarang, antara lain Star King, CJ Karaoke, dan Romantika. Sedangkan tempat karaoke yang gugatannya ditolak Hakim PTUN Semarang, di antaranya Las Vegas, MDK Karaoke, Permata, dan The Boss.

Dengan putusan itu, Pemkab Pati wajib menerbitkan perpanjangan karaoke terhadap Star King, CJ dan Romantika, tetapi tidak menerbitkan perpanjangan izin untuk Las Vegas, MDK Karaoke, Permata, dan The Boss.

Kuasa hukum pengusaha karaoke Nimerodi Gulo kepada MuriaNewsCom, Rabu (24/2/2016) mengatakan, ada kejanggalan dari putusan hakim. Karena, dua perkara yang sama diputuskan dua majelis hakim yang berbeda dengan hasil yang berbeda pula.

Ia mengaku, masing-masing hakim memang punya tafsir yang berbeda dalam memutuskan satu perkara yang sama sekalipun. Karena itu, ia menyesalkan putusan hakim yang menolak gugatannya.

“Itu sudah jelas. Pasal 53 ayat 2 dan 3 UU Nomor 30 Tahun 2015 tentang Administrasi Pemerintahan menyatakan bahwa seseorang yang mengajukan perpanjangan TDUP, pemerintah harus menerbitkan dalam jangka maksimal sepuluh hari. Kalau permohonan izin tidak keluar dalam jangka sepuluh hari, permohonan izin itu dinyatakan dikabulkan secara hukum,” katanya.

Gulo menilai, pasal itu sudah jelas dan tak butuh penafsiran. Karena itu, pihaknya bakal melakukan kajian dan upaya hukum lebih lanjut.

Editor : Akrom Hazami

Baca juga :
Putusan PTUN Soal Perpanjangan Izin Karaoke di Pati Bakal Diketok Besok 

Semakin Memanas, Pengusaha Karaoke PTUN-kan Pemkab Pati 

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Nenek Gantung Diri di Ngembak Grobogan Tewas, Ini Penyebabnya

Selengkapnya →