Wah, Fogging Ternyata Bikin Nyamuk Tambah Kebal

Petugas melakukan aktivitas pengasapan nyamuk rutin, beberapa waktu lalu. (MuriaNewsCom)

Petugas melakukan aktivitas pengasapan nyamuk rutin, beberapa waktu lalu. (MuriaNewsCom)

 

MuriaNewsCom, Kudus – Cara pemberantasan nyamuk menggunakan fogging atau pengasapan, ternyata tidaklah ampuh untuk membasmi nyamuk. Sebaliknya, cara demikian malahan hanya membuat nyamuk menjadi kebal dan semakin ganas dalam menyebarkan penyakit.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Kudus dokter Maryata. Menurutnya, Fogging sebenarnya sudah tidak efektif dalam memberantas nyamuk karena bebagai hal.

“Hal itu bukanlah tanpa dasar, namun berbagai penelitian juga sudah dilakukan. Dan hasilnya memang tidak efektif,” katanya kepada MuriaNewsCom

Dengan adanya fogging, maka seluruh tempat akan dipenuhi dengan asap. Hanya, ketika penyemprotan tidak dapat dipastikan kalau asap beracun itu pasti kena nyamuk atau tidak.

Dengan demikian, lanjutnya, maka nyamuk lebih suka bersembunyi. Sehingga asap beracun itu terkadang tidak sampai pada persembunyian nyamuk.

“Hal itulah yang akan menjadikan nyamuk kebal. Sehingga kalau nantinya ada fogging lagi juga meskipun kena, tidak akan mati nyamuk itu,” ujarnya.

Dia mengakui, cara fogging juga tidak sepenuhnya tanpa hasil. Sebab jika penyemprotan langsung terkena nyamuk, maka besar kemungkinan akan mati. Lain halnya jika nyamuk bersembunyi dan bebas dari ancaman semprot.

“Terlebih fogging juga tidak semua bagian, saya yakin petugas hanya penyemprot ruang tamu, keluarga dan kamar saja. Sedangkan untuk kamar mandi dan tempat makan, jarang,” ungkapnya.

Editor : Akrom Hazami

Baca juga :
Wabah Demam Berdarah Merebak di Kecamatan Winong Pati, Polisi Lakukan Fogging dan Bagikan Abate

Kasus Demam Berdarah di Pati Merebak, Pemkab Gencarkan Fogging

Satu gagasan untuk “Wah, Fogging Ternyata Bikin Nyamuk Tambah Kebal

  1. Ping-balik: Ini Cara Mudah Basmi Nyamuk Tanpa Obat | Muria News

Komentar ditutup.