Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Jepara  >  Artikel ini

Nelayan Jepara Peroleh Bantuan Beras 500 Kuintal Lebih



Reporter:    /  @ 21:37:31  /  23 Februari 2016

    Print       Email
Bantuan berupa beras kepada nelayan secara simbolis diserahkan oleh Pemerintah Kabupaten Jepara, melalui Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Jepara, Selasa (23/2/2016). (MuriaNewsCom/Wahyu Khoiruz Zaman)

Bantuan berupa beras kepada nelayan secara simbolis diserahkan oleh Pemerintah Kabupaten Jepara, melalui Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Jepara, Selasa (23/2/2016). (MuriaNewsCom/Wahyu Khoiruz Zaman)

 

MuriaNewsCom, Jepara – Bantuan berupa beras kepada nelayan secara simbolis diserahkan oleh Pemerintah Kabupaten Jepara, melalui Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Jepara, Selasa (23/2/2016).

Bantuan beras, berasal dari Kantor Ketahanan Pangan (KKP) Kabupaten Jepara 34.000 kg, Dinsosnakertrans Kabupaten Jepara sebanyak 14.200 kg beras yang berasal dari sisa tahun 2015 sebanyak 6000 kg dan beras cadangan beras paceklik 2016 sebanyak 8.200 kg serta bantuan dari Badan Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Tengah sebanyak 8.390 kg.

Kepala HNSI Kabupaten Jepara Soedijatno Rs, mengatakan, volume beras yang disalurkan untuk nelayan sebanyak 56.590 kilogram. Bantuan itu diperuntukkan bagi 11.318 nelayan, yang saat ini sedang kesulitan melaut akibat ombak besar.

”Diharapkan, dengan adanya bantuan beras tersebut, beban ekonomi nelayan yang sedang mengalami paceklik bisa terkurangi,” kata Sudiyatno pada acara penyerahan secara simbolis di ruang kerja Wakil Bupati Jepara.

Selain beras, Pemerintah Kabupaten Jepara juga berencana memberikan pelatihan kepada para istri nelayan. Dengan memiliki keterampilan, diharapkan mereka bisa ikut bekerja dan membantu perekonomian keluarga, pada saat para suami tidak bisa melaut karena ombak besar.

”Selain itu juga diberikan bantuan mesin pengolahan ikan untuk membantu nelayan meningkatkan nilai tambah hasil tangkapan,” kata Wabup Subroto.

Ia mengatakan mesin pengolah ikan tersebut diserahkan kepada HNSI Kabupaten Jepara waktu dekat ini. Bantuan mesin pengolahan ikan tersebut diharapkan meningkatkan nilai jual hasil tangkapan nelayan.

Dia menambahkan, saat ini, kondisi perekonomian nelayan tradisional sangat memprihatinkan dan mereka tidak mampu meningkatkan nilai jual hasil tangkapan. ”Jangan sampai ikan-ikan nelayan itu tidak memiliki nilai jual. Karena itu, menjadi tujuan program ini,” katanya.

Editor : Titis Ayu Winarni

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Nenek Gantung Diri di Ngembak Grobogan Tewas, Ini Penyebabnya

Selengkapnya →