Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Jepara  >  Artikel ini

Video – Dubes Inggris Belajar Mengukir dari Tukang



Reporter:    /  @ 20:05:17  /  23 Februari 2016

    Print       Email
Duta Besar Inggris untuk Indonesia, ASEAN dan Timur Leste, Moazza Malik ketika menggantikan sejenak pekerjaan Zai Yanto yaitu mengukir. (MuriaNewsCom/Wahyu Khoiruz Zaman

Duta Besar Inggris untuk Indonesia, ASEAN dan Timur Leste, Moazza Malik ketika menggantikan sejenak pekerjaan Zai Yanto yaitu mengukir. (MuriaNewsCom/Wahyu Khoiruz Zaman)

 

MuriaNewsCom, Jepara – Duta Besar Inggris untuk Indonesia, ASEAN dan Timor Leste, Moazza Malik mengunjungi Kabupaten Jepara dan melakukan pemantauan terhadap sejumlah perusahaan bidang mebeler di kota ukir. Dalam salah satu momen kunjungannya, Dubes yang fasih berbahasa Indonesia ini menyempatkan belajar mengukir dari salah satu tukang ukir di Desa Mindahan, Kecamatan Batealit, Jepara, Selasa (23/2/2016).

Mulanya, Malik mengamati proses mengukir dari sejumlah pekerja ukir di salah satu perusahaan mebel di Desa Mindahan itu. Dia mengaku kagum dengan keindahan ukir kayu Jepara.
”Menarik sekali, boleh saya mencoba,” ucap Malik kepada salah satu pekerja ukir bernama Zai Yanto.

Kemudian bergegas Zai Yanto mempersilakan Malik mengukir. Ukiran kayu untuk ranjang yang sedianya akan diekspor ke Eropa dan Inggris dilanjutkan Malik. ”Bagaimana kalau kita tukar posisi,” kata Malik kepada Zai disusul senyum.

Setelah menyelesaikan ukiran ulir bunga, Malik beranjak dari tempat duduk untuk mengukir. Pahat dan palu untuk mengukir diletakan di meja. Kembali, Zai melanjutkan pekerjaannya.

Sebelum meninggalkan perusahaan mebel milik Rohmanan, Malik berpesan kepada Zai untuk mengajari anak-anaknya mengukir. Hal itu agar ukir Jepara tidak musnah dan tercipta regenerasi.
”Ya, anak saya yang pertama sekarang sudah belajar mengukir,” kata Zai, yang bekerja sebagai pengukir sejak 25 tahun lalu.

Editor : Titis Ayu Winarni

 

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Nenek Gantung Diri di Ngembak Grobogan Tewas, Ini Penyebabnya

Selengkapnya →