Loading...
You are here:  Home  >  Ekonomi  >  Artikel ini

Inilah Cara Paling Mudah Cari SPBU yang Takarannya Pas



Reporter:    /  @ 19:15:33  /  23 Februari 2016

    Print       Email
Ilustrasi

Ilustrasi

 

MuriaNewsCom, Kudus – Sebagai konsumen, harusnya lebih cerdas dalam memilih. Termasuk dalam membeli BBM di SPBU. Sebab, belum tentu satu SPBU dengan yang lain memiliki takaran yang sesuai.

Hal itu diungkapkan Kasi Perlindungan Konsumen Pada Dinas Dagsar Kudus Niratri Sulistyani. Menurutnya, takaran yang pas di SPBU paling mudah dilihat dari SPBU yang sudah di tera ulang. Sebab terdapat tanda yang khas untuk yang sudah di tera.

”Ada tanda khusus seperti keterangan SPBU sudah di tera ulang. Jadi jika menjumpai demikian maka takaran sudah pas,” katanya kepada MuriaNewsCom.

Biasanya, stiker tersebut diletakkan pada tiap pompa mesin. Jadi tiap kali mengisi BBM pasti bisa melihatnya. Tanda berupa stiker yang ditempel di luar. Stiker yang diluar untuk memudahkan pembeli dalam mengetahui kalau SPBU yang bersangkutan sudah ditera ulang.

Para petugas yang melakukan tera pompa pengisian bahan bakar, berdasarkan UU RI NO. 2 Tahun 1981 tentang metrologi legal. SPBU yang sudah ditera diberi tanda pada pompa, tanda tersebut berupa stiker. ”Jadi kami kasih tanda untuk yang sudah ditera ulang, di dalam dan di luar. Di dalam tanda khusus dan di luar nanti ada tulisan dari stiker tertuliskan tahun 2016,” tambahnya.

Dia menambahkan, sejuah ini SPBU sudah memiliki takaran yang pas. Tinggal menunggu selama lima hari hingga tera usai untuk melihat keadaan SPBU.

Editor : Titis Ayu Winarni

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Nenek Gantung Diri di Ngembak Grobogan Tewas, Ini Penyebabnya

Selengkapnya →