Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Blora  >  Artikel ini

Tahun Ini Pemkab Ambil Alih Jalan Perhutani untuk Fokus Jalan Bagian Blora Selatan



   /  @ 17:30:06  /  23 Februari 2016

    Print       Email
Joko Sunarto Adm KPH Perhutani Blora. (MuriaNewsCom/Rifqi Gozali)

Joko Sunarto Adm KPH Perhutani Blora. (MuriaNewsCom/Rifqi Gozali)

 

MuriaNewsCom, Blora – Bupati Blora Djoko Nugroho, bakal mengambil alih jalan milik perhutani. Khususnya jalan di wilayah Blora selatan. Hal itu dikarenakan di Blora selatan sampai saat ini masih banyak jalan yang belum bisa dikatakan layak.

Kokok, sapaan akrab Djoko Nugroho mengungkapkan, hal itu dilakukan karena untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat yang ada di Blora selatan. Sampai saat ini jalan di wilayah Blora selatan masih sangat jarang diperhatikan. Ia juga mengklaim, untuk kawasan Blora timur, barat dan utara untuk akses jalan bisa dikatakan layak.

”Seperti di Desa Bangkleyan, Kepoh, Tlogotuwung warga disana belum bisa menikmati akses jalan baik,” jelasnya.

Kokok menegaskan, mulai tahun ini Pemkab Blora mengambil alih jalan milik perhutani itu. Terkait rencana itu, pihaknya telah menyampaikan kepada pihak Perhutani Dibre Jawa Tengah.

Administratur Kesatuan Pemangku Hutan (KPH) Blora, Joko Sunarto mengungkapkan dalam pengambil allihan itu bisa dilalui melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK). ”Itu diatur dalam Permen nomor 16 tahun 2016, tentang tata aturan pemakaian kawasan hutan,” jelasnya.

Dia menjelaskan, tahapan dari permen tersebut bisa diikuti untuk melakukan pengambilalihan jalan. ”Mekanismenya bisa melalui kerja sama maupun pinjam pakai,” kata Joko.

Menurutnya,mekanismenya tidak sulit dalam pemakaian kawasan hutan. Ia memperkirakan dalam proses pengambil alihan tersebut hanya membutuhkan waktu enam bulan.

Joko Sunarto menambahkan, jika ada anggapan kalau jalan Perhutani bagus maka angka pencurian meningkat. ”Tidak ada pengaruhnya, jalan bagus dengan pencurian,” pungkasnya.

Editor : Titis Ayu Winarni

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Nenek Gantung Diri di Ngembak Grobogan Tewas, Ini Penyebabnya

Selengkapnya →