Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Kudus  >  Artikel ini

Dirikan SD di Karangturi Kudus, Disdikpora Harus Siapkan Dana Jor- Joran



Reporter:    /  @ 14:45:17  /  23 Februari 2016

    Print       Email
ilustrasi

ilustrasi

 

MuriaNewsCom, Kudus – Sekretaris Desa Setrokalangan, Kaliwungu, Kudus Abdul Chamdi mengatakan, bila akan mendirikan bangunan SD baru di Dukuh Karangturi, Desa Setrokalangan ini, maka kualitas gedungnya, harus benar benar baik.

Diketahui, letak geografis serta kontur tanah yang tidak seperti wilayah lain itulah yang harus diperhatikan oleh dinas terkait sebelum membangun sekolah baru. Yakni dalam hal ini ialah Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kudus.

“Berhubung Dukuh Karangturi ini letaknya lebih rendah dibanding dengan wilayah Setrokalangan, maka setidaknya dinas bisa membangun dengan ketahanan yang baik. Selain itu, daerah tersebut juga sebagai genangan air dari berbagai wilayah. Sehingga pembangunannya harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit,” ujarnya.

Jika nantinya jadi dibangun, kemungkinan akan ditempatkan di sebelah barat jalan Dukuh Karangturi tersebut. Sebab itu salah satu bengkok desa. Selain itu, bengkok tersebut juga sering tergenang air.

Sementara itu, terkait adanya rencana anggaran yang akan diberikan oleh Disdikpora, pembangunan tersebut diperkirakan bisa menghabisakan Rp 2 miliar.

“Bila akan membangun dengan bagus, yakni 6 kelas, perpustakaan dan lainnya, maka harus bisa dengan baik. Yakni membuat bangunan tidak kebanjiran, apakah dengan cara mengkokohkan fondasi, meninggikan fondasi, atau sejenisnya. Sebab Karangturi memang letaknya lebih rendah dibanding dengan Setrokalangan, meskipun daerah ini sama sama terkena banjir,” tuturnya.

Selain itu, pihaknya juga berharap kepada pihak terkait supaya tidak serta merta membangun SD di Karangturi saja. Namun melainkan juga harus bisa membngun talut atau sandaran tanggul yang berada di sebelah selatan Desa Setrokalangan dan Dukuh Karangturi sepanjang 1000 meter yang kerap dilintasi warga menuju Desa Setrokalangan ini.

Untuk saat ini pihak desa sudah membuat talut kurang lebih 500 meter. Namun sisanya yang 1000 m itu belum ditalut. Sehingga saat banjir, anak-anak Dukuh Karangturi jarang yang bersekolah

Editor : Akrom Hazami

Baca juga :
Warga Karangturi Setrokalangan Kudus Tak Sabar Nunggu SD Baru 

Disdikpora Akan Bangun SD Baru di Dukuh Karangturi Kaliwungu Kudus  

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Nenek Gantung Diri di Ngembak Grobogan Tewas, Ini Penyebabnya

Selengkapnya →