Loading...
You are here:  Home  >  Kesehatan  >  Artikel ini

Ini Cara Mudah Basmi Nyamuk Tanpa Obat



Reporter:    /  @ 13:53:52  /  23 Februari 2016

    Print       Email
Ilustrasi

Ilustrasi

 

MuriaNewsCom, Kudus – Nyamuk memang hewan yang menyebarkan penyakit. Bahkan gigitan yang dilakukan dapat membuat seseorang demam, bahkan bisa juga berujung meninggal.

Untuk itu, sebenarnya terdapat cara mudah memberantas nyamuk. Bahkan cara mudah itu adalah dilakukan tanpa mengunakan obat.

“Paling ampuh itu sebenarnya bukan menggunakan obat, melainkan menggunakan Pemberantasan Sarang nyamuk (PSN). Jadi meskipun tanpa obat, tapi nyamuk dapat diberantas dan lebih efektif,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus dokter Maryata kepada MuriaNewsCom.

Cara itu, adalah dengan memutus perkembanganbiakan nyamuk. Jadi, semua genangan air yang tidak langsung terkena tanah, sebaiknya dikontrol dan ditumpahkan. Sebab lokasi itu merupakan lokasi yang paling suka digunakan nyamuk untuk bertelur.

“Cirinya mudah dengan air yang tidak langsung terkena tanah. Coba saja diamati, di sana paling banyak jentik nyamuk,” ujarnya.

Cara pemberantasan sarang nyamuk berupa membasmi genangan air itu, tidak perlu dilakukan tiap hari. Namun maksimal selama sepekan sekali harus ada pengontrolan supaya nyamuk tidak dapat berkembang biak.

Dia mencontohkan seperti tempat minuman burung, daun yang jatuh dan lain sebagainya juga menjadi langganan nyamuk dalam bertelur. Setelah seminggu bertelur, maka telur sudah dapat terbang setelah menjadi jentik dan melompong.

“Kita bayangkan kalau satu nyamuk itu bertelur 1000 telur. Jika ada 10 nyamuk saja, maka berapa nyamuk yang akan berkeliaran. Itu baru 10 ekor lho, bagimana jika lebih,” ungkapnya.

Sedangkan, untuk nyamuk dewasa meski tidak diberantas dipastikan akan mati sendiri. Sebab usia nyamuk, rata rata 14 hari sudah mati.

“Jadi tidak usah diberantas juga bakal mati. Namun lebih baik pula menggunakan obat nyamuk oles, guna mencegah gigitan nyamuk,” imbaunya.

Editor : Akrom Hazami

Baca Juga :
Wah, Fogging Ternyata Bikin Nyamuk Tambah Kebal 

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Nenek Gantung Diri di Ngembak Grobogan Tewas, Ini Penyebabnya

Selengkapnya →