Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Grobogan  >  Artikel ini

Mau Tanam Padi, Warga Banjarejo Malah Temukan Serpihan Emas Benda Kuno Dinasti Ming



Reporter:    /  @ 12:20:56  /  23 Februari 2016

    Print       Email
Kepala Desa Banjarejo Ahmad Taufik memperlihatkan benda kuno peninggalan Dinasti Ming yang baru ditemukan warganya. (MuriaNewsCom/Dani Agus)

Kepala Desa Banjarejo Ahmad Taufik memperlihatkan benda kuno peninggalan Dinasti Ming yang baru ditemukan warganya. (MuriaNewsCom/Dani Agus)

 

MuriaNewsCom, Grobogan – Anggapan banyaknya benda bersejarah yang terpendam di bumi Desa Banjarejo, Kecamatan Gabus, Grobogan, tampaknya bukan omong kosong.

Bukti terbaru, terkait ditemukannya beragam benda kuno di areal sawah yang berlokasi di Dusun Medang, Minggu (21/2/2016).

“Benda-benda kuno ini memang sudah ditemukan Minggu kemarin. Tetapi baru sempat diperlihatkan saya hari ini, Selasa (23/2/2016),” kata Kepala Desa Banjarejo Ahmad Taufik.

Dijelaskan, benda yang ditemukan kali ini berupa perabot makan dan minum. Terdiri dari 5 buah piring berukuran cukup besar, dengan diameter 40 cm. Kemudian, ada 1 buah guci kecil, dan 1 buah mangkok.

Sayangnya, sebagian benda yang ditemukan itu kondisinya pecah karena terkena benturan saat hendak diangkat dari dalam tanah. Diperkirakan, benda kuno itu merupakan barang peninggalan Dinasti Ming yang berkuasa dari abad XIII hingga XVI.

Benda-benda kuno itu ditemukan oleh Bukhori, warga yang tinggal di Dusun Medang. Penemuan benda kuno itu berlangsung ketika Bukhori tengah mempersiapkan sawahnya untuk ditanami padi dalam waktu dekat.

“Saat mencangkul, sempat terkena piring keramik yang berukuran besar hingga pecah. Kemudian, di sekitar situ digali lebih hati-hati hingga menemukan benda kuno lainnya,” jelas Taufik.

Selain benda kuno dari bahan keramik, ada pula serpihan benda yang ditemukan di situ. Diyakini, benda itu merupakan serpihan perhiasan yang sering ditemukan di kawasan Banjarejo.

“Selain dalam bentuk utuh, serpihan perhiasan yang ditemukan, bentuknya memang seperti ini. Kebanyakan, serpihan seperti ini terdapat kandungan emas,” ungkap Taufik.

Editor : Akrom Hazami

Baca Juga :
Kades Banjarejo Mulai Kumpulkan Benda Kuno Temuan Warga  

Piring Kuno Dinasti Ming Bergambar Naga Biru Ditemukan Petani saat Mencangkul di Sawah Banjarejo Grobogan

 

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Nenek Gantung Diri di Ngembak Grobogan Tewas, Ini Penyebabnya

Selengkapnya →