Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Kudus  >  Artikel ini

40 Anak Tunagrahita di Kudus Bakal Dibina Setahun, Tiap Keluarga Dapat Rp 1,9 Juta



Reporter:    /  @ 20:46:17  /  22 Februari 2016

    Print       Email
S Trimo, Kabid Sosial pada Dinsosnakertrans Kudus. (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

S Trimo, Kabid Sosial pada Dinsosnakertrans Kudus. (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

 

MuriaNewsCom, Kudus – Sejumlah 40 anak tunagrahita di Kudus, bakal mendapatkan pembinaan selama setahun. Selain pembinaan, setiap keluarganya juga mendapat pembiayaan Rp 1,9 juta.

Hal itu diungkapkan Kabid Sosial pada Dinsosnakertrans Kudus S. Trimo. Ia mengungkapkan, progam tersebut dari pemerintah pusat yang langsung sampai ke Kudus. ”Sebenarnya jumlahnya lebih dari itu, untuk dua kecamatan saja, Bae dan Mejobo terdapat 59 anak tunagrahita. Namun jatah untuk Kudus tahun ini hanya 40,” katanya kepada MuriaNewsCom.

Menurutnya, pagi tadi Senin (22/2/2016) petugas kementerian datang untuk mengecek keluarga yang terdapat anak tunagrahita. Pengecekan juga sekaligus menentukan 40 nama yang nantinya dibina langsung.

Trimo mengungkapkan, tunagrahita merupakan penyakit yang perkembangan mentalnya lambat. Sehingga meskipun usianya sudah produktif, namun pola pikir dan perkembangannya masih seperti anak-anak.

Model pembinaan yang dilakukan, nantinya langsung pembinaan berbasis keluarga. Jadi anggota keluarga juga dilibatkan dalam penanganan gangguan itu. Mengenai pelaksanaannya, dimulai pada bulan ini juga, dan berakhir pada Februari tahun depan. Selain petugas dari pemerintah pusat juga ada enam pendamping dari pemerintah desa terkait.

Selain pembinaan, tiap keluarga juga mendapat bantuan Rp 1,9 juta. Bantuan tersebut bukan untuk digunakan sesuka keluarga, melainkan untuk dibuatkan usaha dengan modal terbatas. ”Harapannya, penyandang gangguan itu dapat berbaur dengan masyarakat. Sehingga tidak lagi ketergantungan secara terus menerus kepada orang lain,” ujarnya.

Editor : Titis Ayu Winarni

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Nenek Gantung Diri di Ngembak Grobogan Tewas, Ini Penyebabnya

Selengkapnya →