Loading...
You are here:  Home  >  Infrastruktur  >  Artikel ini

Siap-siap, Status Jalan Meningkat di Jepara Bakal Dilebarkan



Reporter:    /  @ 18:25:32  /  22 Februari 2016

    Print       Email
Salah satu jalan di Jepara yang direncanakan akan menjadi jalan provinsi. (MuriaNewsCom/Wahyu Khoiruz Zaman)

Salah satu jalan di Jepara yang direncanakan akan menjadi jalan provinsi. (MuriaNewsCom/Wahyu Khoiruz Zaman)

 

MuriaNewsCom, Jepara – Sebagian besar jalan yang berstatus jalan Provinsi telah menjadi jalan nasional, dan sejumlah ruas jalan yang berstatus jalan Kabupaten juga telah disetujui menjadi jalan Provinsi. Semua jalan yang statusnya meningkat tersebut besar kemungkinan segera dilebarkan.
Pelebaran jalan tersebut akan dilakukan sesuai dengan ukuran standar dari masing-masing status jalan, baik provinsi maupun nasional. Hal itu disampaikan Kepala Bidang Bina Marga pada Dinas Bina Marga Pengairan dan ESDM Jepara, Hartaya.

Menurut dia, pelebaran jalan tersebut jelas bakal dilakukan. Terutama jalan yang kini berstatus sebagai jalan nasional. Bahkan, dari pemerintah pusat melalui kementerian terkait hari ini dijadwalkan ke Jepara untuk memantau secara langsung jalan yang kini menjadi jalan nasional tersebut.

”Tidak hanya lebar jalan yang besar kemungkinan ditambah tetapi juga jembatan, dan gorong-gorongnya. Sebab, sebagian titik jalan memang saluran airnya tidak berfungsi dengan baik sehingga jalannya sering dipenuhi air ketika hujan,” ungkapnya.

Lebih lanjut dia mengemukakan, terkait pelebaran itu, pihaknya tidak mengetahui secara persis seperti apa teknisnya nanti. Termasuk mengenai kemungkinan adanya pembebasan lahan.

Salah seorang warga yang tinggal di pinggir Jalan Pecangaan Jepara, Sulton mengatakan, dirinya senang jika memang status jalan yang berada di depan rumahnya tersebut meningkat. Dia juga mengaku tidak keberatan jika nantinya akan ada pelebaran.

”Ya kalau memang aturannya seperti itu, tidak ada masalah asalkan semuanya dibicarakan atau disosialisasikan dengan baik kepada warga,” katanya.

Editor : Titis Ayu Winarni

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Nenek Gantung Diri di Ngembak Grobogan Tewas, Ini Penyebabnya

Selengkapnya →