Loading...
You are here:  Home  >  Hukum & Kriminal  >  Artikel ini

Putusan PTUN Soal Perpanjangan Izin Karaoke di Pati Bakal Diketok Besok



Reporter:    /  @ 18:03:01  /  22 Februari 2016

    Print       Email
Kuasa hukum pengusaha karaoke Pati Nimerodi Gulo di tengah-tengah massa yang demo terkait penutupan karaoke di depan Pendopo Kabupaten Pati. (MuriaNewsCom/Lismanto)

Kuasa hukum pengusaha karaoke Pati Nimerodi Gulo di tengah-tengah massa yang demo terkait penutupan karaoke di depan Pendopo Kabupaten Pati. (MuriaNewsCom/Lismanto)

 

MuriaNewsCom, Pati – Pemkab Pati kembali berpolemik dengan pengusaha karaoke, lantaran pengajuan perpanjangan izin karaoke tidak diterbitkan. Padahal, pengusaha karaoke terhitung sudah tiga kali mengajukan perpanjangan ke Disbudparpora dan Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu (KPPT) Pati.

“Ada sepuluh pengusaha karaoke yang sudah mengajukan perpanjangan tanda daftar usaha pariwisata (TDUP) sebanyak tiga kali ke Disbudparpora dan KPPT Pati. Pertama, pengajuan dilakukan pada 25 Mei, selanjutnya 27 Juli dan 15 September 2015. Tapi, tidak ada respons sama sekali,” kata Nimerodi Gulo kepada MuriaNewsCom, Senin (22/2/2016).

Gulo mengatakan, pemkab wajib hukumnya memberikan izin kepada pengusaha karaoke yang sejak dulu sudah mengantongi izin untuk beroperasi. “Dalam Pasal 53 ayat 2 dan 3 UU No 30 Tahun 2015 tentang Administrasi Pemerintahan, kalau permohonan izin tidak keluar dalam jangka sepuluh hari, permohonan izin itu dinyatakan dikabulkan secara hukum,” tambahnya.

Dalam ayat selanjutnya, kata dia, pemohon yang dianggap izinnya dikabulkan secara hukum bisa mengajukan permohonan kepada PTUN untuk mendapatkan putusan. Itu sebabnya pengusaha karaoke mengambil langkah dengan mengajukan PTUN.

Secara terpisah, Kepala KPPT Pati Amal Diharto mengatakan, pihaknya memang tidak bisa mengeluarkan izin karena mengacu pada Perda Nomor 8 Tahun 2013 di mana tempat karaoke harus berada di luar radius 1.000 meter dari pemukiman dan fasilitas umum.

Terlebih, proses perpanjangan TDUP harus melalui Disbudparpora terlebih dahulu. Sementara itu, Disbudparpora juga tidak mengeluarkan rekomendasi kepada KPPT terkait perpanjangan izin karaoke.

Polemik soal perpanjangan izin karaoke di Pati itu akan berakhir pada Selasa (22/2/2016) besok, setelah PTUN akan memberikan putusan.

Editor : Kholistiono

Baca juga : Semakin Memanas, Pengusaha Karaoke PTUN-kan Pemkab Pati

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Nenek Gantung Diri di Ngembak Grobogan Tewas, Ini Penyebabnya

Selengkapnya →